LKP : Identifikasi Target Pengguna Website Flashsale menggunakan User Persona di PT Tokopedia RGX Surabaya

Zulfa, Eka Hirinda (2021) LKP : Identifikasi Target Pengguna Website Flashsale menggunakan User Persona di PT Tokopedia RGX Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18410100132-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
18410100132-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Search this title on : |

Abstract

Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi ini memiliki misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia memiliki salah satu kegiatan promo yang biasa disebut dengan Flash Sale. Dimana para Seller dapat memberikan potongan atau diskon kepada pelanggan dalam durasi waktu yang ditentukan. Barang yang ditawarkan jumlah dan jenisnya terbatas, sehingga pelanggan harus bersiap – siap untuk mengikuti kegiatan ini agar barang yang diinginkan tidak kehabisan. Dalam menentukan identifikasi target pengguna Website Flash Sale diperlukan adanya pemahaman dari pengguna yang akan mengikuti Flash Sale. Solusi untuk permasalahan tersebut yakni perlunya melakukan penggalian kebutuhan terhadap para pengguna yang akan digunakan untuk mengindentifikasi target pengguna dapat dilakukan dengan wawancara. Hasil yang diperoleh dari para persona menjadi pertimbangan yang mencakup karakteristik, bagaimana kebutuhan pengguna terpenuhi, serta dapat diimplementasikan pada Website Flash Sale. Berdasarkan permasalahan yang ada maka kerja praktik yang telah dilakukan pada 14 Februari sampai 14 Maret 2021 telah menghasilkan solusi yaitu untuk menentukan identifikasi target pengguna menggunakan metode User Persona. Hasil dari identifikasi target pengguna tersebut adalah pengguna yang sering ketinggalan informasi flash sale. Dengan menggunakan 5 pengguna untuk mewakili karakteristik target pengguna. Karakteristik 5 pengguna akan dikelompokkan dengan menghitung menggunakan rumus Nielsen. Setelah itu, membuat persona foundation document atau narasi deskritif dari salah satu persona. Narasi deskriptif yang telah dibuat akan dijadikan persona primer. Terakhir, dengan mengimplementasikan dan merancang prototipe yang akan dibangun berdasarkan kebutuhan pengguna yang sudah didapatkan dari sebelumnya.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Eka Hirinda Zulfa (18410100132)
Uncontrolled Keywords: user persona, identifikasi target pengguna, flash sale
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Eka Hirinda Zulfa
Date Deposited: 13 Jul 2021 20:37
Last Modified: 13 Jul 2021 20:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5638

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item