Marvy, Thoriq Satria (2021) TA : Perancangan UI/UX Aplikasi Panggilan Darurat pada Command Center 112 Surabaya Menggunakan Metode Design Sprint. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
17410100165-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
|
Text
17410100165-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Search this title on : |
Abstract
Command Center 112 Surabaya merupakan inovasi layanan dalam penanggulangan bencana yang didukung oleh BPB Linmas Kota Surabaya. Layanan Command Center 112 Surabaya dapat mengintegrasikan berbagai Organisasi Perangkat Daerah terkait penanggulangan bencana atau keadaan darurat yang dialami oleh masyarakat Kota Surabaya dengan cepat dan tanggap. Permasalahan yang terjadi pada Command Center 112 Surabaya yaitu sering menerima laporan berita bohong terkait keadaan darurat yang berjumlah 704 selama tahun 2020 dan masyarakat kurang tanggap melapor bila terjadi keadaan darurat kepada Command Center 112 Surabaya karena masyarakat harus menunggu beberapa menit saat panggilan yang masuk pada nomor 112 dalam keadaan sibuk dan masyarakat masih ragu saat menelpon nomor 112 akan dikenakan biaya pulsa. Berdasarkan permasalahan tersebut Command Center 112 Surabaya membutuhkan sebuah tampilan prototype aplikasi berbasis android yang dapat mengatasi permasalahan yang saat ini. Pada aplikasi panggilan darurat masyarakat bisa melaporkan keadaan darurat dengan laporan yang terverifikasi sesuai dengan keadaan pada lokasi kejadian dan respon cepat dari petugas operator untuk menerima laporan. Perancangan UI/UX aplikasi Panggilan Darurat pada Command Center 112 menggunakan metode design sprint. Terdapat 5 tahapan yakni, understand, diverge, decide, prototype, dan validate. Prototype A dan prototype B dirancang berdasarkan ide alterntif terpilih pada tahap decide. Dalam proses validate menggunakan metode A/B Testing kepada 10 user potensial yang memiliki karakteristik berumur 18-40 tahun. Tahap pertama melakukan voting kedua prototype dengan cara user diperlihatkan gambar fitur dari prototype A dan prototype B. Hasil yang diperoleh user lebih dominan memilih tampilan prototype A yang akan digunakan untuk merancang prototype C. Setelah perancangan prototype C, user dapat mencoba dan memberi feedback untuk perbaikan prototype C. Hasil dari perbaikan prototype C yakni pada halaman masuk terdapat tiga akses masuk untuk mempermudah melakukan pelaporan dan pengguna dapat video call secara langsung dengan petugas untuk meminta penanganan keadaan darurat pada aplikasi panggilan darurat.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Thoriq Satria Marvy (17410100165) |
Uncontrolled Keywords: | User Experience, A/B Testing, Aplikasi panggilan darurat (PILAR) |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Thoriq Satria Marvy |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:38 |
THESIS ADVISORS: |
1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5810 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |