TA : Analisis dan Perancangan User Interface Aplikasi Transaksi Pemesanan dan Pemasaran pada Kunokini Cafe & Resto Berbasis User Centered Design (UCD)

Wisnuyana, Heryawan (2021) TA : Analisis dan Perancangan User Interface Aplikasi Transaksi Pemesanan dan Pemasaran pada Kunokini Cafe & Resto Berbasis User Centered Design (UCD). Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
17410100010-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
17410100010-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KUNOKINI Cafe & Resto merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang food and beverage, berada di Jalan Raya Prapen No. 69 Surabaya. KUNOKINI Cafe & Resto selama ini memasarkan usahanya menggunakan media sosial. Permasalahan yang terdapat pada Kunokini Cafe & Resto adalah pelanggan yang akan reservasi Meeting room / Ballroom melalui kontak media sosial saat ini, merasa kesulitan untuk mengetahui dan menentukan pemesanan tempat yang sedang tersedia atau tidak. Hal tersebut disertai dengan banyak nya pilihan paket menu dalam pemesanan ruangan. Permasalahan kedua, pelanggan perlu menunggu lama untuk proses pemesanan tempat karena pihak KUNOKINI Cafe & Resto masih menggunakan buku catatan. Permasalahan ketiga, didapatkan dari data pada bulan Oktober 2020 – Januari 2021 terus mengalami penurunan. Dibutuhkan solusi IT untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan merancang suatu sistem berbasis website pada KUNOKINI Cafe & Resto. Berdasarkan hal tersebut, sebelum merancang sebuah program (software) perlu adanya prototype sebagai proses pengembangan awal sebuah program. Prototype dirancang untuk memudahkan developer dalam proses mengembangkan aplikasi. Perancangan prototype pada website KUNOKINI Cafe & Resto menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Pengguna website KUNOKINI Cafe & Resto adalah pelanggan dan admin. Prototype ini dirancang menggunakan tools figma. Hasil prototype diuji kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan ruangan hingga proses transaksi pemesanan berhasil. Admin mengkonfirmasi terhadap pemesanan ruangan yang telah dipilih oleh pelanggan. Dalam proses pengujian prototype menggunakan metode usability testing untuk mengevaluasi produk sebagai tolak ukur dari pengguna. Dari hasil pengujian prototype mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,9 % yang berarti rancangan tersebut dapat diterima oleh pengguna.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Heryawan Wisnuyana (17410100010)
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Centered Design, Usability Testing
Dewey Decimal Classification: 000 - Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Heryawan Wisnuyana
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:37
Last Modified: 24 Aug 2021 16:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item