TA : Perancangan Identitas Visual Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Wardana, Wisnu Setya (2021) TA : Perancangan Identitas Visual Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
15420100030-2021-UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
15420100030-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Jawa Timur memiliki segudang potensi untuk industri perjalanan, yang tidak relevan dibandingkan dengan berbagai daerah di Indonesia. Beberapa tempat wisata yang ada di daerah Malang yang sering dikunjungi seperti Pancuran Kalireco, Sumber Jenon, Taman Wisata Selecta, Coban Talun, Sumber Maron, Sumber Sira, dan masih banyak lagi. Sumber Sira merupakan mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pencucian umum dan juga sebagai sumber mata air atau sistem air untuk persawahan. Pada tahun 2016 mulai dibuka sebagai tempat wisata, industri travel menyatakan Sumber Sira masih dalam tahap perbaikan, misalnya membuat lorong untuk memudahkan para tamu mengingat jalannya yang navigasinya masih terjal sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset, pengembangan kawasan perhentian untuk roda empat, tidak ada petunjuk arah dari 1 Km menuju kawasan, kemajuan destinasi liburan dilakukan oleh pihak tak tersentuh (tamu) melalui media online dan video blog, sedangkan pengembangan media cetak baru dilakukan di Maret 2019 dengan memanfaatkan brosur. Karena tidak adanya penanganan khusus yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga tidak dapat bersaing dengan destinasi wisata Sumber Maron yang letaknya sangat dekat dengan Sumber Sira, dan juga tidak memiliki identitas visual yang dapat menjawab gambaran dan kualitas yang digerakkan oleh wisata Sumber Sira. Dari permasalahan tersebut cenderung terlihat bahwa Sumber Sira Malang membutuhkan identitas yang dapat ditampilkan kepada masyarakat luas untuk memperluas brand awareness yang dapat direncanakan dengan memanfaatkan teknik eksplorasi subjektif dan selanjutnya sebagai metode pembuatan media waktu terbatas yang dapat diakui oleh wilayah lokal yang lebih luas. Media waktu terbatas seperti X-Banner, Marchendise, Fixed Set, Leaflet, Banner, dan Wayfinding Sign. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk merancang identitas visual wisata Sumber Sira Malang sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wisnu Setya Wardana (15420100030)
Uncontrolled Keywords: Identitas Visual, Brand Awareness, Media Promosi
Dewey Decimal Classification: 700 - Arts & recreation > 740 Drawing & decorative arts > 740 Graphic arts & decorative arts
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Wisnu Setya Wardana
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:03
Last Modified: 26 Aug 2021 08:03
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5944

Actions (login required)

View Item View Item