TA : Pengembangan Produk Meja Belajar Lipat dengan Papan Tulis untuk Taman Kanak-Kanak

Firmanzah, Moch Rizky (2021) TA : Pengembangan Produk Meja Belajar Lipat dengan Papan Tulis untuk Taman Kanak-Kanak. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
17420200009-2021-UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
17420200009-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Meja belajar adalah Perabotan dengan permukaan kerja datar yang digunakan di sekolah, kantor, rumah atau untuk kegiatan akademik, profesional, atau kesukaan seperti membaca, menulis, menggunakan perangkat seperti komputer. Selain sebagai tempat untuk belajar, meja belajar juga berfungsi sebagai hiasan di kamar tidur anak dan bisa dibawa kemana-mana. Jenis meja belajar lebih cenderung simple dan sisi mobilitas nya kurang. Ukuran meja belajar lipat untuk empat orang memiliki panjang minimal 90cm, meja belajar lipat untuk dua orang memiliki panjang minimal 80cm, dan meja belajar lipat untuk satu orang memiliki panjang minimal 50cm. Tujuan yang ingin dicapai peneliti pada Tugas Akhir ini adalah membuat Desain Produk Meja Belajar Lipat Dengan Papan Tulis Untuk Taman Kanak-Kanak, hal ini dilatar belakangi oleh meja belajar lipat yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan papan tulis, namun meja tersebut memiliki kekurangan dari sisi mobilitas. Selain itu anak-anak kecil butuh tempat buat coret- coret ataupun menggambar di sebuah tempat dan akhirnya yang terjadi anak-anak kecil itu pun coret-coret di dinding sehingga dinding menjadi kotor sehingga perlunya penambahan unsur papan tulis dan papan khusus buat meletakkan alat tulisnya. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil sebagian besar taman kanak-kanak di wilayah Surabaya menggunakan konsep yang sangat simple. Selain itu peneliti mendapatkan data mengenai motif meja belajar lipat dengan polling terbanyak yaitu desain meja belajar lipat menggunakan desain motif nomor satu sebanyak 46% sehingga menghasilkan desain final berupa meja belajar lipat yang diberi tempelan stiker sesuai gambaran desain motif nomor satu dengan konsep desain minimalis dan menjadikan ketertarikan minat anak-anak TK buat belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, dan kuisioner. Dari hasil penelitian tersebut dapat menghasilkan Desain Produk Meja Belajar Lipat Dengan Papan Tulis Untuk Taman Kanak-Kanak, yang diberi tempelan stiker dengan desain motif nomor satu. Harapan dalam riset ini adalah produk dapat diterima baik oleh para konsumen.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch Rizky Firmanzah (17420200009)
Uncontrolled Keywords: meja belajar tulis, papan tulis, motif desain
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 680 Manufacture for specific uses > 688 Other final products & packaging
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Produk
Depositing User: Moch Rizky Firmanzah
Date Deposited: 30 Aug 2021 10:29
Last Modified: 30 Aug 2021 10:29
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5948

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item