LKP : Prosedur dan Proses Bisnis Penagihan Pembayaran Rekening Air pada PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal

Kurniawati, Nurul Diyah (2021) LKP : Prosedur dan Proses Bisnis Penagihan Pembayaran Rekening Air pada PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18430200011-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
18430200011-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Penagihan tunggakan pembayaran rekening air PDAM merupakan salah satu diantara kegiatan penting yang dilakukan oleh suatu instansi PDAM. Hal tersebut berkaitan dengan pembayaran yang wajib dilakukan oleh pelanggan PDAM untuk memenuhi kebutuhan proses kerjanya. Dengan adanya pelanggan yang belum membayar tagihan atau sampai tidak dapat tertagih, sehingga PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal harus terus melakukan perbaikan terutama dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, termasuk mengenai prosedur kegiatan yang dilakukan pada PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal yang berhubungan dengan pelanggan, terutama mengenai penagihan dan pembayaran tagihan rekening air PDAM. PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal merupakan perusahaan air minum yang memiliki proses bisnis dalam kegiatannya namun proses bisnis tersebut belum tertulis dalam bentuk prosedur sistematis sehingga dapat meningkatkan risiko kesalahpahaman terutama oleh pelanggan terhadap pembayaran rekening air PDAM. Perusahaan atau instansi harus dijalankan dengan proses bisnis yang sesuai. Hal tersebut nantinya akan menjadikan perusahaan atau instansi memiliki kualitas yang baik yang dapat digunakan untuk memantau kinerja manajemen. Proses bisnis dalam mengelola perusahaan atau instansi dilakukan kesesuaian dengan prosedur yang berlaku. Sehingga penulis ingin mengetahui bagaimana prosedur kegiatan yang dilakukan pada PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal yang berhubungan dengan pelanggan, terutama mengenai penagihan dan pembayaran tagihan rekening air. Serta dapat memberikan saran yang berhubungan dengan sistem pembayaran rekening air PDAM yang dilakukan perusahaan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam mengelola perusahaan. Dari setiap prosedur yang telah dibuat yaitu proses bisnis mengenai pendaftaran pelanggan, pembayaran tagihan rekening air PDAM baik melalui kantor cabang PDAM setempat maupun pada mitra PDAM, penagihan rekening air PDAM pada instansi dinas, dan penagihan rekening air PDAM pada pelanggan yang terlambat membayar. Hal tersebut dapat digunakan sebagai petunjuk atau informasi yang sistematis mengenai prosedur yang dilakukan dari setiap kegiatan terutama yang berhubungan dengan pelanggan. Selain itu, penerapan aplikasi pembayaran PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal berguna untuk menyajikan data yang akurat untuk melakukan pengambilan keputusan yang tepat. Jadi, hal tersebut harus tertata dengan sebaik-baiknya, terutama mengenai penagihan rekening air PDAM yang bertujuan untuk menghindari beragam risiko yang tidak diinginkan terjadi, dimana dapat menyebabkan kerugian instansi. Tanpa adanya prosedur yang sistematis dalam setiap kegiatan PDAM, memungkinkan akan terjadi kesalahpahaman terutama oleh pelanggan dan jika hal tersebut terjadi akan berdampak pada kerugian perusahaan sehingga menghambat operasional perusahaan. Maka dari itu, prosedur yang sistematis akan sangat penting bagi PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurul Diyah Kurniawati (18430200011)
Uncontrolled Keywords: prosedur, proses bisnis, penagihan, PDAM “Tirto Panguripan” Kabupaten Kendal
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Nurul Diyah Kurniawati
Date Deposited: 12 Jan 2022 13:33
Last Modified: 12 Jan 2022 13:33
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6018

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item