TA : Rancang Bangun Aplikasi Learning Content Management System Yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh

Hartoyo, Achmad (2006) TA : Rancang Bangun Aplikasi Learning Content Management System Yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-DAFTAR ISI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-BAB V.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
STIKOMP-Undergraduate-72-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Learning Content Management System (LCMS) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengelola materi pembelajaran secara personal dalam e-learning. Penyampaian materi pembelajaran yang baik pada suatu kelas maya tidaklah mudah. Dengan aplikasi LCMS, penyampaian materi pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan pebelajar. LCMS terdiri dari dua komponen utama yaitu Learning Content Refinement dan Adaptive Test Builder. Kedua komponen tersebut adalah hasil dari penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan perangkat lunak LCMS. Dari uraian di atas muncul permasalahan yaitu bagaimana perangkat lunak LCMS bisa menyediakan cara yang efektif serta mengelola materi pembelajaran secara dinamis dengan melakukan integrasi proses-proses dari kedua komponen LCMS ke dalam suatu perangkat lunak LCMS. Learning Technology Systems Architecture (LTSA) adalah spesifikasi arsitektur sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi. Spesifikasi ini merupakan hasil penelitian divisi edutool dari Farance Incorporation yang dikembangkan berdasarkan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). LTSA menggambarkan rancangan sistem level tinggi beserta komponen-komponennya. Dalam hal ini komponen yang akan digunakan adalah komponen yang berhubungan dengan proses learning content dan evaluasi. Proses evaluasi yang terdapat pada aplikasi LCMS berguna bagi pembelajar untuk mengetahui tingkat penguasaan pebelajar terhadap suatu materi pembelajaran sehingga dapat membantu pembelajar untuk menganalisis kejelasan, relevansi, dan keefektifan dari materi pembelajaran tersebut. Informasi itu yang selanjutnya menjadi dasar untuk menentukan apakah materi pembelajaran akan tetap dipertahankan atau akan dicari materi pembelajaran lain yang sesuai dengan penilaian terhadap performansi pebelajar. Dari segi pemanfaatan dan penyajian, perangkat lunak LCMS memberikan materi pembelajaran secara personal, sederhana dan cepat. Pengembangan selanjutnya, disarankan memaksimalkan fungsi setiap fitur yang terdapat dalam perangkat lunak LCMS yaitu: penyajian tipe file untuk bahan ajar, menambahkan pilihan tipe soal, menambahkan fitur compiler untuk kategori pemrograman, dan mengembangkan aspek adaptivitas perangkat lunak LCMS dengan menggunakan metode selain Item Response Theory.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Hartoyo (01410100163)
Uncontrolled Keywords: learning content management system, pendidikan jarak jauh, learning technology systems architecture
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Jan 2022 08:39
Last Modified: 13 Jan 2022 08:39
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6024

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item