LKP : Analisis Alur Aplikasi Kas dan Penagihan pada PDAM Kota Malang

Putri, Regita Fania (2021) LKP : Analisis Alur Aplikasi Kas dan Penagihan pada PDAM Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18430200007-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
18430200007-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Suatu perusahaan sangat perlu untuk melakukan pengendalian internal atas prosedur penerimaan dan pengeluaran kas, karena terkait kelangsungan operasional perusahaan. Setiap harinya, PDAM Kota Malang selalu melakukan pengawasan penerimaan kas yang bersumber dari pendapatan tagihan rekening air, pemasangan sambungan baru, penyambungan kembali, dan pendapatan pemeriksaan lab. Keakuratan pencatatan meteran air berperan penting sebagai dasar untuk perhitungan penagihan rekening air, yang mana dana dari pembayaran tagihan air oleh pelanggan setiap bulannya merupakan sumber pendapatan utama yang berpengaruh besar terhadap cash flow PDAM Kota Malang. Kendala dalam penagihan rekening air umumnya hanya berkisar pada sulitnya penagihan tunggakan rekening air bagi pelanggan yang sudah dicabut atau sudah menjadi ex-pelanggan dan sulitnya penagihan karena pelanggan tersebut memiliki hubungan dengan perusahaan sehingga jika dilakukan eksekusi akan timbul conflict of interst. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang dilakukan, PDAM Kota Malang telah memiliki Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang sesuai kebutuhan di era industri 4.0. Aplikasi berbasis web base yang terintegrasi dengan seluruh bagian-bagian yang ada, serta didukung dengan operator call center yang dapat memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan dukungan data secara real time online. Untuk sistem aplikasi kas dan penagihan sejauh ini belum menunjukkan adanya permasalahan, berdasarkan pada pengamatan beberapa indikator diantaranya adalah kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan, kepuasan pemakai, dan dampak perusahaan, maka dari itu dapat disimpulkan sistem informasi yang ada telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tetapi tetap perlu dilakukan maintenance dan pemantauan secara berkala untuk pembaharuan, meningkatkan desain, dan memperbaiki bilamana masih terdapat kesalahan.

Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Regita Fania Putri (18430200007)
Uncontrolled Keywords: Kas dan Penagihan, Penerimaan Kas, Penagihan Rekening Air
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Regita Fania Putri
Date Deposited: 17 Jan 2022 11:22
Last Modified: 17 Jan 2022 11:22
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6041

Actions (login required)

View Item View Item