LKP : Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) pada Bagian Administrasi CV Increase Development (INDEV)

Putri, Galuh Icha Wulan Setya (2022) LKP : Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) pada Bagian Administrasi CV Increase Development (INDEV). Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
19390150006-2022-UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19390150006-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Increase Development (INDEV) adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang melayani Networking Installation, WEB dan Mobile Application Development, serta Maintenance software, hardware, dan networking. Pada bagian administrasi CV INDEV dihadapkan pada pekerjaan membuat surat menyurat, mengolah data, menyusun laporan kegiatan dan laporan keuangan, dan menyusun laporan-laporan yang dibutuhkan. Dalam proses penyusunan laporan-laporan, tugas yang diberikan untuk staff administrasi masih belum merata. Merata dalam artian pemberian porsi tugas yang tidak sama, yang mengakibatkan staff administrasi kesulitan dalam menyusun laporan. Solusi dari permasalahan tersebut, perlu dilakukan sebuah cara untuk menyusun Standard Operating Procedure (SOP) khusus untuk bagian administrasi CV INDEV saja. SOP merupakan acuan atau pedoman dalam melakukan kegiatan dalam suatu aktivitas tertentu. Dengan adanya SOP dapat membantu staff administrasi untuk mengerjakan tugas-tugasnya sesuai dengan patokan SOP yang telah dibuat. Tujuannya adalah agar staf bagian administrasi tidak kesulitan untuk mengerjakan tugas-tugasnya dan bisa mengerjakan tugas sesuai porsi individu masing-masing. Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) ini menggunakan metode pendekatan Focus Group Discussion (FGD) yang dapat diartikan sebagai metode pengumpulan data yang dilakukan secara interaksi antar individu satu dengan yang lainnya, kemudian menemukan hasil dari proses diskusi tersebut. Laporan Workshop ini menghasilkan Standard Operating Procedure (SOP) atau pedoman alur kerja bagian administrasi pada CV Increase Development (INDEV). Hasil dari penyusunan SOP pada bagian administrasi ini akan menjadi pedoman dan patokan kerja khusus untuk bagian administrasi CV INDEV dalam mengerjakan tugas dan tanggungjawabnya.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Galuh Icha Wulan Setya Putri (19390150006)
Uncontrolled Keywords: Administrasi, Pedoman kerja sistematis, Standard Operating Procedure (SOP)
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Administrasi Perkantoran
Depositing User: Galuh Icha Wulan Setya Putri
Date Deposited: 15 Feb 2022 14:37
Last Modified: 15 Feb 2022 14:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item