TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Pakaian untuk Meningkatkan Customer Experience pada UMKM Konveksi Ababil

Destania, Herwanda Ayu (2022) TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Pakaian untuk Meningkatkan Customer Experience pada UMKM Konveksi Ababil. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18410100150-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (975kB) | Preview
[img] Text
18410100150-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengalaman ketika customer memesan pakaian di konveksi dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih konveksi sehingga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengelola konveksi pakaian untuk dapat memuaskan konsumen agar dapat bertahan di dunia bisnis dengan persaingan yang ada. UMKM Ababil memiliki berbagai masalah, yakni ketika pelanggan pesan, sering terjadi salah pesanan dikarenakan tidak adanya system yang mencatat sehingga berdampak pelanggan yang kecewa. Dari kekecewaan tersebut, pelanggan memberi kritik dan saran dan diabaikan oleh Ababil. Pesanan salah juga diakibatkan oleh pelanggan banyak yang tidak tahu jenis informasi detail produk dan ababil juga tidak memiliki katalog produk serta konsultasi harus datang ke toko. Ababil juga tidak ada promo yang menarik konsumen. Sehingga dipastikan pengalaman pelanggan (CX) di Ababil Buruk. Masalah tersebut dianalisis dengan customer jurney mapping dan menghasilkan fitur yang dibutuhkan pelanggan antara lain menu banner, isian voucher, informasi produk berdasarkan jenis inform¬¬asi detail produk, FaQ, Review produk, history pemesanan, dan diskusi produk. Pengujian dengan metode blackbox untuk bagian fungsionalitas menu dinyatakan telah efektif dan seluruhnya berfungsi dengan baik. Berdasarkan uji coba SUS, maka desain antarmuka aplikasi penjualan pakaian Ababil masuk ke dalam kategori good dengan grade scale B dan hasil rata-rata akhir 80,1. Artinya aplikasi penjualan pakaian di Ababil bahwa secara usability mendapatkan penilaian dapat diterima atau acceptable. Berdasarkan hasil in depth interview bahwa menu yang dibuat pada website penjualan pakaian Ababil sesuai indikator CX, diantaranya: halaman utama dapat meningkatkan indikator sense karena berhubungan dengan panca indera dalam melakukan pengalaman memesan produk, detail produk cocok dengan act yang berkaitan dengan fisik pelanggan, history pesanan masuk pada indikator feel lebih mengacu pada perasaan yang di rasakan oleh pelanggan dalam mengkonsumsi produk. Menu diskusi, FaQ, chat dapat meningkatkan indikator relate karena suatu upaya dalam menghubungkan antara orang lain dengan kelompok, perusahaan atau lainnya. agar terciptanya relasi. Kemudian menu voucher meningkatkan indikator think karena terdapat kejutan yang dibuat oleh suatu perusahaan dalam melakukan transaksi, yang terakhir menu ulasan masuk dalam indicator relate karena mencegah kritik dan saran yang sering diabaikan sehingga hubungan terputus. Berdasarkan survei, setelah adanya website, 80,6% dari 36 responden merasakan sangat puas dalam hal pelayanan di UMKM Ababil. Jika dibandingkan dengan hasil pra survei bahwa 72,2% dari 36 (tiga puluh enam) responden tidak puas, maka tingkat tidak puas pelanggan mengalami penurunan sebanyak 63,9%.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Herwanda Ayu Destania (18410100150)
Uncontrolled Keywords: Customer Experience, System Usabillity Score, Aplikasi Penjualan Pakaian
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Herwanda Ayu Destania
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:49
Last Modified: 09 Feb 2022 08:49
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item