TA : Perancangan UI/UX pada Startup Suvis Indonesia Menggunakan Metode Lean UX Startup

Fathurrahman, Afif (2022) TA : Perancangan UI/UX pada Startup Suvis Indonesia Menggunakan Metode Lean UX Startup. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18410100058-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
18410100058-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Suvis Indonesia merupakan startup baru yang menjadi perantara antara konsumen dengan teknisi perabot elektronik dalam melayani service perabot elektronik rumah tangga. Tujuan dari startup ini adalah untuk membuat segala hal menjadi mudah untuk home service, memperbaiki perabot elektronik konsumen serta menyejahterakan penyedia jasa service di Indonesia. Masalah saat ini adalah sebagai startup baru, perusahaan membutuhkan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) sebagai dasar membangun platform. Karena terbatasnya modal, startup Suvis Indonesia harus dijalankan secara efektif dan efisien sehingga mengutamakan just in time production tetapi tetap mengutamakan kebutuhan konsumennya. Solusi yang digunakan untuk meyelesaikan permasalahan diatas adalah merancang UI/UX (User Interface/User Experience) menggunakan metode Lean UX. Metode ini memiliki kelebihan “Hemat Biaya, Hemat Waktu, User-centric, dan Data-driven”. Tahapan pada metode ini adalah declare assumption, Create a MVP, Run an Experiment, dan feedback and research. Untuk proses Tahapan tersebut digunakan untuk merancang minimum viable product (MVP) bagi konsumen dan teknisi pada aplikasi Suvis Indonesia. Berdasarkan analisis, implementasi dan evaluasi menghasilkan prototype final yang merupakan gabungan dari prototype A dan prototype B yang telah divalidasi dari segi tampilan, hingga kritik dan saran dari user konsumen dan teknisi. Prototype A terpilih untuk 6 feature yakni beranda, pilih teknisi dan checkout pada aplikasi konsumen dan login, daftar dan tambah layanan pada aplikasi teknisi. Prototype B terpilih untuk 6 feature yakni login, daftar, pemesanan, dan pemesanan layanan konsumen pada aplikasi konsumen dan layanan dan pesanan teknisi pada aplikasi teknisi. Selain itu pada penelitian ini menghasilkan user interface yang konsisten dari segi warna, font, gambar/video dan tata letak dan user experience yang mudah dipahami oleh user untuk menggunakan aplikasi dan mendapatkan informasi sesuai kebutuhan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Afif Fathurrahman (18410100058)
Uncontrolled Keywords: User Interface/User Experience, Lean UX Startup, A/B Testing
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Afif Fathurrahman
Date Deposited: 09 Feb 2022 16:02
Last Modified: 09 Feb 2022 16:02
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6225

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item