TA : Perancangan Strategi Digital Marketing dengan Metode Race pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z Studi Kasus pada Go-Food dan Grabfood Surabaya

Naufal, Althov Zhorif (2022) TA : Perancangan Strategi Digital Marketing dengan Metode Race pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z Studi Kasus pada Go-Food dan Grabfood Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100146-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
16410100146-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi terutama di Indonesia, menyebabkan munculnya sebuah praktek E-Business baru yaitu OFD (Online Food Delivery) yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan pemesanan makanan secara online. Hal ini sangat diminati oleh para masyarakat karena membuat proses pemesanan makanan menjadi lebih efisien dalam hal biaya dan lebih efektif karena makanan datang tepat pada saat dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah strategi digital marketing RACE yang didasarkan pada perilaku pelanggan dengan studi kasus pada pengguna layanan Online Food Delivery Go-Food maupun GrabFood di Surabaya. Tahap Digital Marketing RACE terbagi menjadi 4 tahap yaitu Reach, Act, Convert dan Engage, sedangkan perilaku pelanggan memiliki 10 elemen yang dapat digunakan untuk mengukur perilaku pelanggan yaitu Motivasi, Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, Pembelajaran, Sikap, Komunikasi, Kelompok Rujukan, Keluarga, Kelas Sosial, dan Budaya. Pada penelitian ini, Go-Food dan GrabFood digunakan sebagai objek penelitian karena untuk saat ini pemimpin segmen Online Food Delivery untuk wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia masih dipimpin oleh kedua perusahaan ini. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan Teknik yang digunakan untuk menganalisa data merupakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan bahwa Sembilan elemen perilaku pelanggan berpengaruh terhadap tahap strategi digital marketing Reach, Act, Convert, dan Engage. Tahap Reach dipengaruhi oleh Keluarga, Tahap Act dipengaruhi oleh Persepsi Konsumen, Komunikasi, dan Sikap, Tahap Convert dipengaruhi oleh Kelompok Rujukan, dan Motivasi, Tahap Engage dipengaruhi oleh Budaya, Gaya Hidup, Kelompok Rujukan, Keluarga, Kepribadian, Komunikasi, Pembelajaran, Persepsi Konsumen, dan Sikap.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Althov Zhorif Naufal (16410100146)
Uncontrolled Keywords: E-Business, RACE Digital Marketing Strategy, Perilaku Pelanggan, Online Food Delivery, Go-Food, GrabFood, SEM.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Althov Zhorif Naufal
Date Deposited: 14 Feb 2022 15:01
Last Modified: 14 Feb 2022 15:01
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item