TA : Penerapan Model Delone & McLean untuk Menganalisis Kesuksesan Website Repositori Universitas Dinamika

Kuncoro, Nico Stephanus (2022) TA : Penerapan Model Delone & McLean untuk Menganalisis Kesuksesan Website Repositori Universitas Dinamika. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
13410100006-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
13410100006-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Search this title on : |

Abstract

Universitas Dinamika (Undika) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Surabaya, saat ini memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI), Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Untuk mendukung proses pembelajaran, Undika memiliki berbagai fasilitas pembelajaran dan salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan di Undika sendiri memiliki empat layanan online yang berupa website salah satunya adalah repository.dinamika.ac.id. Website ini berisi informasi koleksi karya ilmiah terkait dengan hasil karya dari sivitas akademika yang bisa diakses bagi siapapun. pada tahun 2020 seluruh dunia termasuk Indonesia mengalami masa pandemi, sehingga proses pembelajaran dan pelayanan di bidang pendidikan dilakukan secara online, sehingga pelayanan website repositori.dinamika.ac.id perlu dioptimalkan. Hal ini didukung dengan data grafik jumlah pengunjung website repositori yang pada tahun 2020 naik tidak terlalu signifikan. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap website repository.dinamika.ac.id dengan model DeLone and McLean dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 88 responden mahasiswa Universitas Dinamika, kemudian dilakukan analisis deskriptif dari tiap variabel yang ada. Hasil dari analisis deskriptif didapatkan nilai rata-rata tiap variabel. Untuk variabel kualitas sistem diperoleh rata-rata sebesar 3,76 yang artinya mendekati baik, untuk kualitas informasi 3.63 yang artinya mendekati baik, untuk kualitas layanan 3,60 yang artinya mendekati baik, untuk penggunaan 3,55 yang artinya mendekati baik, untuk kepuasan pengguna 3,68 yang artinya mendekati baik, untuk manfaat bersih 3,5 yang artinya mendekati baik. Dari total keseluruhan tiap variabel diperoleh rata-rata 3,62 yang artinya mendekati baik. Adapun hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa: variabel kualitas informasi berpengaruh positif terhadap variabel penggunaan sebesar 44.1%, variabel kualitas informasi berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengguna sebesar 49.3%, variabel penggunaan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengguna sebesar 34,6%, variabel kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap variabel manfaat bersih sebesar 45,6%, dan variabel penggunaan berpengaruh positif terhadap variabel manfaat bersih sebesar 41,9%. Sedangkan variabel kualitas sistem dan variabel kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap variabel penggunaan. Variabel kualitas sistem dan variabel kualitas layanan juga tidak berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna.

Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nico Stephanus Kuncoro (13410100006)
Uncontrolled Keywords: Website, Repositori, Delone&McLean
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Nico Stephanus Kuncoro
Date Deposited: 17 Feb 2022 13:21
Last Modified: 17 Feb 2022 13:21
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item