TA : Perancangan Branding Perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik sebagai Upaya Mengenalkan Produk Budaya Lokal kepada Masyarakat

Alfahillah, Khafid (2022) TA : Perancangan Branding Perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik sebagai Upaya Mengenalkan Produk Budaya Lokal kepada Masyarakat. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18420100059-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
18420100059-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Batik Gajah Mungkur merupakan nama dari perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan dan penjualan batik khas Gresik. Perusahaan yang sudah ada sejak 1950 dan pernah mengalami masa-masa berhenti berproduksi. Ditahun 2016 perusahaan ini mulai kembali berproduksi, namun hingga saat ini perusahaan Batik Gajah Mungkur belum ada yang membranding dan belum adanya identitas yang kuat dalam mempromosikannya. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perusahaan Batik Gajah Mungkur memerlukan sebuah identitas untuk meningkatkan cinta dan membuatnya dikenal oleh masyarakat. Maka dibutuhkan adanya tindakan branding sebagai upaya mengenalkan kepada masyarakat dengan pembuatan identitas yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dari perusahaan. Dari permasalahan yang ada, maka dilakukannya perancangan branding perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik sebagai upaya mengenalkan produk budaya lokal kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi kompetitor. Hasil dari penelitian ini yang diperoleh dari berbagai tahapan hingga ditemukan sebuah konsep perancangan yaitu “warisan” dimana hasil dari semua perancangan bisa menggambarkan suatu warisan budaya Indonesia yaitu batik, hasil dari perancangan meliputi logo untuk perusahaan, brand guidelines, implementasi media, serta media promosi, video promosi, dan katalog. Dengan adanya perancangan ini diharapkan bisa menjadi pedoman untuk perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik untuk berpromosi, serta penerapan hasil rancangan branding yang baru untuk perusahaan ini bisa mengenalkan kepada masyarakat akan adanya Batik Gajah Mungkur.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Khafid Alfahillah (18420100059)
Uncontrolled Keywords: branding, batik, media promosi, batik gajah mungkur
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Khafid Alfahillah
Date Deposited: 18 Feb 2022 16:11
Last Modified: 18 Feb 2022 16:11
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6290

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item