TA : Perancangan User Interface (UI)/User Experience (UX) E-commerce Menggunakan Metode Lean UX dan User Experience Questionnaire (UEQ) pada Ijoe Biru Clothing untuk Meningkatkan Experience Pemesanan Custom Produk dan Pembelian Produk

Pratama, Mochamad Asyari Putra (2022) TA : Perancangan User Interface (UI)/User Experience (UX) E-commerce Menggunakan Metode Lean UX dan User Experience Questionnaire (UEQ) pada Ijoe Biru Clothing untuk Meningkatkan Experience Pemesanan Custom Produk dan Pembelian Produk. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
14410100106-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
14410100106-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Website e-commerce menawarkan kemudahan kegiatan jual beli online yang dapat menghemat waktu dan biaya menjadi alasan semua orang untuk beralih dari toko offline ke online. Keterbatasan fitur ketika bertransaksi di media sosial membuat pelanggan Ijoe Biru Clothing kesulitan dalam melakukan dan memperoleh informasi pemesanan custom dan pembelian produk. Dibuktikan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner UEQ kepada pelanggan dengan hasil 6 skala UEQ berkriteria "bad". Masalah pelanggan diantaranya sulit menemukan produk yang dimaksud, informasi produk kurang bermanfaat, kesulitan menentukan tata letak desain pada produk hanya dengan bertukar pesan, sulit menentukan ukuran dengan badan dan tidak dapat melacak pesanan secara real time sehingga penulis bermaksud untuk menganalisa dan merancang user interface (UI)/user experience (UX) e-commerce pada Ijoe Biru Clothing menggunakan metode Lean UX dan user experience questionnaire (UEQ) dengan tujuan menghasilkan desain antarmuka pengguna yang dapat diterima baik oleh pengguna dan memberikan kenyamanan pengguna ketika berinteraksi. Terdapat beberapa tahapan Lean UX yang terdiri dari Declare Assumption, Create MVP, Run An Experiment, dan Feedback and Research. Pengujian melibatkan 32 responden selaku pelanggan yang berdomisili di kota Sidoarjo dan Surabaya dengan menggunakan metode user experience questionnaire (UEQ) untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna. Dari hasil pengujian protoype menggunakan UEQ, didapatkan 4 skala UEQ yang mendapatkan kriteria diatas rata-rata yaitu "efisiensi" sebesar 1.66 dengan kriteria “above average”, "ketepatan" sebesar 1.84 dengan kriteria “above average”, "stimulasi" sebesar 1.81 dengan kriteria “good”, dan "kebaruan" sebesar 2.71 dengan kriteria “excellent” yang dapat disimpulkan terdapat peningkatan pengalaman pengguna ketika melakukan pemesanan custom dan pembelian produk di Ijoe Biru Clothing.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mochamad Asyari Putra Pratama (14410100106)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, e-commerce, lean ux, user experience questionnaire (UEQ)
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mochamad Asyari Putra Pratama
Date Deposited: 08 Mar 2022 13:05
Last Modified: 08 Mar 2022 13:05
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6369

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item