TA : Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pelanggan Potensial Menggunakan Metode MOORA pada PT. SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Utama Surabaya

Prambudi, Dany (2022) TA : Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pelanggan Potensial Menggunakan Metode MOORA pada PT. SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Utama Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
13410100078-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
13410100078-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Superintending Company of Indonesia (PERSERO) atau dikenal dengan SUCOFINDO adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengujian dan analisa, audit dan inspeksi, sertifikasi, konsultasi, dan pelatihan. Guna mempertahankan pelanggan dari berbagai sektor tersebut PT. SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Utama Surabaya mempunyai komitmen dengan pemberian reward terhadap pelanggan yang terpilih di tiap periodenya. Pemilihan tersebut dilakukan dengan cara melihat total nilai transaksi tanpa mempunyai acuan atau metode lain yang digunakan sehingga dapat menimbulkan penilaian secara subjektif terhadap pelanggan potensial yang akan diberikan reward oleh perusahaan. Untuk mengatasi masalah permasalahan yang ada, PT. SUCOFINDO Cabang Utama Surabaya membutuhkan Rancang bangun aplikasi dalam menentukan pelanggan potensial yang akan menerima reward dengan menggunakan salah satu metode yang digunakan dalam mendukung keputusan yaitu Multi-Optimization Objective on The Basis of Ratio Analysis (MOORA). Kriteria yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari nilai transaksi pelanggan, frekuensi transaksi pelanggan, frekuensi kerjasama pelanggan, dan tunggakan (hari). Implementasi dari sistem pendukung keputusan yang dibuat berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Berdasarkan hasil analisis, perancangan sistem, dan pengembangan sistem yang telah dilakukan didapatkan kebutuhan fungsional dan perhitungan yang dilakukan baik secara sistem maupun manual didapatkan hasil perhitungan yang sama dengan memasukkan 10 data transaksi pelanggan. Sistem yang telah dikembangkan menghasilkan nilai terbesar dengan nilai 0,3052 dan terendah 0,1613. Pelanggan potensial yang terpilih adalah dengan nilai terbesar yakni 0,3052 pada Alternatif 8. Adanya sistem pendukung keputusan (SPK) yang telah dirancang dan dibangun ini diharapkan dapat membantu dalam proses penilaian dan perankingan terhadap pelanggan potensial yang akan diberikan reward selama periode tersebut.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dany Prambudi (13410100078)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, SPK, MOORA, Pelanggan
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Dany Prambudi
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:16
Last Modified: 21 Mar 2022 08:16
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item View Item