Modernisasi Madrasah di Era Milenial Perspektif KH Abdul Wahid Hasyim

Muvid, Muhamad Basyrul (2021) Modernisasi Madrasah di Era Milenial Perspektif KH Abdul Wahid Hasyim. Tribakti : Jurnal Pemikiran Keislaman, 32 (2). pp. 223-246. ISSN 2502-3047

[img]
Preview
Text
Artikel_Jurnal Tribakti.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer 1_Jurnal Tribakti.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin _Jurnal Tribakti.pdf

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Madrasah sebagai bentuk jati diri dari pendidikan Islam, ia berperan sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya menyelenggarakan pembelajaran berbasis agama, namun juga memberi materi pelajaran umum. Ini yang dilakukan oleh KH A Wahid Hasyim. Titik tekan dalam penelitian ini adalah usaha menemukan gagasan dan gebrakan KH A Wahid Hasyim dalam memodernisasikan madrasah agar selalu bisa eksis di atas dinamika zaman. Temuan dari penelitian ini adalah menyimpulkan bahwa KH A Wahid Hasyim memiliki visi misi untuk melakukan variasi metode pembelajaran, integralisasi kurikulum agama umum, mengaktifkan perpustakaan: meningkatkan hobi membaca, menebarkan motivasi belajar dan mendorong berkarya, persamaan gender dalam pendidikan agama, dan membangun manajemen pendidikan Islam yang ideal.

Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Article
Additional Information: https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i2.1411
Uncontrolled Keywords: KH A Wahid Hasyim, Modernisasi, Madrasah, Era Milenial
Dewey Decimal Classification: 200 – Religion > 290 Other & comparative religions > 297 Islam, Babism & Bahai Faith
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 15 Jul 2022 10:43
Last Modified: 15 Jul 2022 10:43
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item