TA : Analisis Sentimen Review Pelanggan E-Commerce di Indonesia Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier

Darmawan, Tito Dwiki (2022) TA : Analisis Sentimen Review Pelanggan E-Commerce di Indonesia Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
17410100113-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
17410100113-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Search this title on : |

Abstract

Berdasarkan lembaga riset asal Inggris yaitu merchant machine, didapatkan 10 negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia yaitu pada peringkat pertama adalah Indonesia. berdasarkan survey dari iPrice Group terdapat 11 e-commerce di Indonesia dan pada penelitian ini dan dipilih 5 terbesar untuk pengunjung bulanan dari setiap e-commerce dengan peringkat pertama yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli.com. Salah satu komponen penting dalam keberlangsungan bisnis e-commerce adalah review dari pelanggan, oleh sebab itu sangat penting bagi bisnis e-commerce untuk mengetahui seberapa banyak pelanggan yang memberikan review positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan membantu e-commerce melakukan analisis sentimen terhadap review pelanggan. Dengan mengetahui sentimen review e-commerce di Indonesia, perusahaan dapat melakukan perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggannya. Pengelompokan review pelanggan menjadi sentimen negatif dan positif dilakukan dengan menerapkan metode naïve bayes classifier yang menghitung peluang berdasarkan frekuensi pengalaman sebelumnya. Penerapan naïve bayes classifier mendapatkan hasil tentang sentimen positif terbesar didapatkan oleh lazada sebesar 97.0%, pringkat kedua bukalapak sebesar 94.6%, peringkat ketiga shopee sebesar 88.5% peringkat keempat blibli.com sebesar 76.1% peringkat kelima tokopedia sebesar 34.4%, lalu hasil akurasi dari metode naïve bayes pada lazada sebesar 56.23%, bukalapak sebesar 93.05%, shopee sebesar 87.82%, blibli.com sebesar 55.31%, dan tokopedia sebesar 94.94% Hasil penelitian tersebut telah dievaluasi menggunakan confusion matrix dan divalidasi menggunakan 10-fold cross-validation.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Tito Dwiki Darmawan (17410100113)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier, Review E-Commerce
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Tito Dwiki Darmawan
Date Deposited: 18 Aug 2022 14:18
Last Modified: 18 Aug 2022 14:18
THESIS ADVISORS: 1. Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0712066801)
2. Julianto Lemantara, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0722108601)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6691

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item