Devianarko, Safira Wulandari (2022) TA : Evaluasi User Interface Berdasarkan Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT. SiCepat Ekspres Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQEM. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
18410100155-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
18410100155-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
Search this title on : |
Abstract
SiCepat Ekspres adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang dan jasa logistik, saat ini SiCepat EKspres memiliki 9 (sembilan) layanan yaitu siuntung, best, halu, gokil, h3lo, SiCepat syariah, SiCepat go!, cod dan SiCepat klik. SiCepat Ekspres ini memiliki situs web resmi di www.sicepat.com. Situs web sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan informasi rinci tentang profil perusahaan, produk dan layanannya, serta untuk meningkatkan kualitas layanan pengguna. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan daya saing mereka dan memperoleh kepuasan pengguna dengan mengoptimalkan situs web SiCepat Ekspres. Hal ini didukung dengan data grafik jumlah pengunjung situs web SiCepat Ekspres pada bulan Februari tahun 2021 naik tapi tidak terlalu signifikan. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan evaluasi terhadap situs web sicepat.com denganmodel WebQEM (Website Quality Evaluation Method) dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 131 responden pengguna SiCepat Ekspres, kemudian dilakukan analisis deskriptif dari setiap variabel. Untuk variabel kegunaan diperoleh rata-rata 3,87 yang artinya cenderung setuju, untuk variabel fungsionalitas diperoleh rata-rata 4,02 yang artinya setuju, untuk variabel kehandalan diperoleh rata-rata 4,08 yang artinya setuju, dan untuk variabel efisiensi diperoleh rata-rata 4,13 yang artinya setuju. Dari total keseluruhan tiap variabel diperoleh rata-rata 4,02 yang artinya setuju. Adapun hasil analisis korelasi linear berganda menunjukkan bahwa pengaruh variabel kegunaan, fungsionalitas, kehandalan, dan efisiensi terhadap kepuasan pengguna situs web bernilai sebesar 0,314%. Hasil penelitian pada setiap item indikator menunjukkan bahwa hasil responden terbanyak yang tidak setuju dan kurang setuju pada variabel kegunaan item X13 diperoleh 15 responden serta item X14 diperoleh 13 responden, pada variabel fungsionalitas item X23 diperoleh 10 responden , dan pada variabel efisiensi item X32 diperoleh 11 responden dari hasil analisis tersebut dikembangkan menjadi rekomendasi perancangan desain user interface.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Safira Wulandari Devianarko (18410100155) |
Uncontrolled Keywords: | SiCepat Ekspres, kepuasan pengguna, WebQEM |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Safira Wulandari Devianarko |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 08:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 08:31 |
THESIS ADVISORS: |
1. Sulistiowati, S.Si., M.M. (NIDN : 0719016801)
2. Tony Soebijono, S.E., S.H., M.Ak. (NIDN : 0703127302) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6710 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |