Djulianto, Michael Vinsent (2022) TA : Peran Perceived Usability, Satisfaction, dan Customer Trust dalam Merancang dan Mengembangkan Loyalitas Pengguna Website Edutech. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
18410100003-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
|
Text
18410100003-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Search this title on : |
Abstract
Ruangguru memiliki misi untuk menyediakan dan menyebarkan pendidikan yang berkualitas terhadap seluruh siswa tanpa memandang tempat dan waktu menggunakan teknologi. Dalam mencapai misi tersebut, Ruangguru telah mengeluarkan sejumlah inovasi yang diharapkan dapat membantu pengguna. Disisi lain masih terdapat permasalahan yang dapat berdampak pada kepercayaan dan loyalitas pengguna dari Ruangguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perceived usability, satisfaction, dan customer trust berperan dalam mengembangkan loyalitas pengguna website startup edutech Ruangguru, metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah penyebaran survei melalui kuesioner kepada 106 responden, dimana responden tersebut merupakan pengguna Ruangguru yakni siswa sekolah yang pernah menggunakan layanan Ruangguru dan membuka website Ruangguru minimal 3 kali. Dalam menghasilkan analisis data penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling yang berguna untuk mengetahui tingkat signifikannya hubungan antara variabel penelitian, dan metode double diamond. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa terdapat pengaruh signifikan perceived usability terhadap customer trust, satisfaction, dan customer loyalty, serta perceived usability dan satisfaction terhadap customer loyalty. Menurut hasil uji prototype pada 3 responden dihasilkan bahwa proses navigasi dan transaksi website menjadi lebih mudah, website lebih memperhatikan dampak pada pengguna, dan dengan desain tersebut pengguna akan lebih sering mengunjungi website Ruangguru.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Michael Vinsent Djulianto (18410100003) |
Uncontrolled Keywords: | PLS-SEM, Double Diamond, Statistik, customer experience, edutech, prototype |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Michael Vinsent Djulianto |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 15:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 15:41 |
THESIS ADVISORS: |
1. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
2. Candraningrat, S.E., M.SM. (NIDN : 0705048901) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6714 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |