Hartono, Enrico Chandra (2022) TA : Peningkatan Kinerja Portal Marketing pada Website Katalog Smartphone menggunakan Lean UX. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
17410100015-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
17410100015-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
Search this title on : |
Abstract
Portal marketing atau web portal merupakan salah satu dari cara yang dapat dipergunakan pengguna sebagai cara untuk menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan seorang pelanggan untuk memenuhi kebutuhan tanpa terbatasi dengan waktu, jarak dan jumlah informasi diperlukan oleh pengguna. PT. Uniq Maju Bersama merupakan salah satu gerai yang bergerak pada bidang transaksi jual beli smartphone yang ingin mempromosikan produknya, namun kegiatan promosi yang dilakukan dirasa kurang efektif dikarenakan terbatasnya jumlah informasi yang dapat disampaikan sehingga pelanggan tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan, permasalahan ini menyebabkan kurangnya minat atau ketertarikan pelanggan untuk bertransaksi. Hasil evaluasi yang dilakukan pada website PT. Uniq Maju Bersama dengan menggunakan system usability scale yang berfungsi untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna menunjukkan hasil nilai sebesar 41,9% yang berarti bahwa kualitas tersebut masih belum dapat diterima.Hal tersebut dikarenakan pada layanan website tersebut masih tidak memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan pelanggan serta tingkatan kerapian dan konsistensi tampilan yang tidak tertata. Dengan kondisi permasalahan tersebut dipelukan adanya perbaikan dan penyesuaian website dengan memperhatikan kondisi kebutuhan pengguna yaitu kebutuhan informasi serta tata letak konsistensi tampilan. Perbaikan website dilakukan dengan metode lean UX. Lean UX dipilih dikarenakan metode ini berfokus langsung pada feedback pengguna sehingga mampu mempercepat proses perbaikan yang dibutuhkan oleh pengguna. Tahapan yang dilakukan dengan menggunakan metode lean UX ini adalah declare assumption, create minimum viable product(MVP), run an experiments, feedback & research. Tahapan lean ux menggunakan system usability scale untuk menguji nilai kepuasan pengguna yang mendapatkan hasil rata-rata 72,09% yang termasuk dalam kategori dapat diterima. Berdasarkan hasil dari evaluasi tersebut maka prototipe dari webste yang telah dibuat tersebut dapat dipergunakan dan diimplementasikan pada portal marketing atau web portal sebelumnya serta masih dapat dikembangkan lebih lanjut agar website tersebut menjadi lebih baik dan mampu memberikan layanan yang lebih bagik bagi pelanggan.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Enrico Chandra Hartono (17410100015) |
Uncontrolled Keywords: | Lean UX, Prototype, System Usability Scale |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Enrico Chandra Hartono |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 15:53 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 15:53 |
THESIS ADVISORS: |
1. Dr. Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0731057301)
2. Agus Dwi Churniawan, S.Si., M.Kom. (NIDN : 0723088002) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6792 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |