TA :Implementasi Business Intelligence untuk Mendukung Keputusan Strategi Pemasaran pada Universitas Dinamika

Singgih, Mahardika Alamsyah (2022) TA :Implementasi Business Intelligence untuk Mendukung Keputusan Strategi Pemasaran pada Universitas Dinamika. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
18410100110-2022-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
18410100110-2022-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Bagian marketing merupakan salah satu divisi pada Universitas Dinamika yang berfungsi untuk melaksanakan publikasi, komunikasi, pemberian informasi, dan melaksanakan kegiatan pemasaran untuk memperoleh mahasiswa baru. Dalam melaksanakan tugasnya, bagian marketing harus merekap data mahasiswa untuk menentukan strategi pemasaran secara berulang, karena belum memiliki media untuk pengolahan data sebagai pendukung keputusan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media pengolahan data pada bagian marketing untuk mendukung keputusan strategi pemasaran, salah satunya adalah business intelligence. Business intelligence merupakan sebuah proses untuk memberdayakan data, informasi, dan pengetahuan pada suatu organisasi sebagai pendukung keputusan guna meningkatkan keunggulan kompetitif. Dalam implementasi business intelligence pada bagian marketing terdapat empat komponen utama yaitu data warehouse melalui proses extract, transform, load (ETL), business analytics or data mining menggunakan metode Cross-Standard Industry for Data Mining (CRISP-DM) dengan algoritma k-means clustering untuk mempartisi data sebagai pendukung keputusan target dan strategi pemasaran, business performance management menggunakan financial perspective dan customer perspective untuk mengukur kinerja bagian marketing, dan user interface berupa dashboard untuk memudahkan bagian marketing untuk mengetahui informasi dari pengolahan data. Informasi yang disediakan meliputi 1) jumlah pendaftar berdasarkan asal kota, asal sekolah, dan provinsi; 2) jumlah siswa berdasarkan kota; 3) hasil k-means clustering dengan atribut, asal kota pendaftar, asal sekolah pendaftar, pendapatan orang tua mahasiswa; dan 4) key performance indicator berdasarkan financial perspective dan customer perspective. Berdasarkan informasi yang tersedia pada dashboard, bagian marketing dapat menentukan target dan strategi pemasaran melalui pengelompokkan data yang telah dilakukan dengan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix).


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mahardika Alamsyah Singgih (18410100110)
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, ETL, Data Mining, Business Performance Management.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mahardika Alamsyah Singgih
Date Deposited: 30 Aug 2022 11:05
Last Modified: 30 Aug 2022 11:05
THESIS ADVISORS: 1. Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0712066801)
2. Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6800

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item