Alansyah, Muhammad Adam (2023) TA : Perancangan Destination Branding Desa Jatipasar sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Text
19420100024-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
|
Text
19420100024-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
Search this title on : |
Abstract
Desa Jatipasar berlokasi di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto memiliki potensi wisata dengan nilai sejarah dan seni budaya yang meliputi seperti situs peninggalan Kerajaan Majapahit Candi Wringin Lawang, komoditas khas Desa Jatipasar yaitu kerajinan pahat patung, kerajianan terakota, dan batik beserta fasilitas Masjid Majapahitan dengan rumah budaya khas Majapahit. Permasalahan pada Desa Jatipasar dikarenakan vakum menggelarkan kegiatan budaya sejak 2014 yang berdampak pada ekonomi masyarakat lebih rendah dibandingkan desa lainnya. Untuk itu, Kepala Desa Jatipasar merencanakan di tahun 2023 Desa Jatipasar ingin beralih dari desa swakarya ke desa mandiri untuk membangkitkan pariwisata dan perekonomian Desa Jatipasar. Namun, Desa Jatipasar belum memiliki identitas visual dan branding untuk mendukung perkembangan potensi desa kedepan. Maka dari itu, perancangan ini bertujuan untuk merancang destination branding Desa Jatipasar dengan membuat brand identity berupa logo dan media pendukung untuk mengenalkan Desa Jatipasar yang sebagai desa yang memiliki nilai seni budaya dan sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit kepada masyarakat luas. Metode yang diterapkan untuk mendukung perancangan ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara terhadap narasumber, dokumentasi, dan studi literatur kemudian data yang diperoleh dikelola dengan mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis SWOT. Hasil dari proses pengelolahan data didapatkan konsep utama yaitu contemporary. Kemudian dari konsep yang didapat menghasilkan media utama berupa logo Desa Jatipasar, brand guideline, dan membuat alur program branding untuk Desa Jatipasar yang menyesuaikan rencana pembangunan kedepan wisata Desa Jatipasar beserta media pendukung seperti stationery-set, brosur, x-banner, merchandise, feed & reels Instagram, video profil Desa Jatipasar yang diunggah pada YouTube. Harapan pada hasil perancangan ini Desa Jatipasar dapat menjadi desa wisata yang dikenal sebagai desa yang memiliki nilai seni budaya dan sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit untuk masyarakat luas. Juga berdampak positif terhadap perkembangan Desa Jatipasar terutama perekonomian masyarakat desa dan peningkatan brand awareness terhadap wisatawan.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Adam Alansyah (19420100024) |
Uncontrolled Keywords: | branding, wisata, identitas, visual, contemporary |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Muhammad Adam Alansyah |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 08:06 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 08:06 |
THESIS ADVISORS: |
1. Siswo Martono, S.Kom., M.M. (NIDN : 0726027101)
2. Setya Putri Erdiana, S.T., M.Ds. (NIDN : 0721099105) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6877 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |