LKP : Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Shopee dan Tokopedia pada UMKM Griya Batik Sri Rahayu

Aprillia, Dean (2023) LKP : Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Shopee dan Tokopedia pada UMKM Griya Batik Sri Rahayu. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19430100041-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
19430100041-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

UMKM Griya Batik Sri Rahayu merupakan UMKM yang bergerak pada bidang fashion batik ecoprint yang didirikan oleh Ibu Yayuk Sri Rahayu (Yayuk) dimulai tahun 2019 yang berada di Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Produk-produk dari Griya Batik Sri Rahayu antara lain kain, kerudung, outer, kaos, tas, dompet, sepatu, bucket hat. Pemasaran online melalui marketplace Shopee dan Tokopedia di UMKM Griya Batik Sri Rahayu tidak terurus karena keterbatasan sumber daya manusia dalam mengelola Shopee dan Tokopedia UMKM Griya Batik Sri Rahayu. Hal itu terbukti dari penjualan produk Batik Ecoprint UMKM Griya Batik Sri Rahayu yang terjual sedikit. Solusi bagi UMKM Griya Batik Sri Rahayu adalah menerapkan strategi pemasaran secara online melalui marketplace Shopee dan Tokopedia dengan memanfaatkan fitur promosi periklanan yaitu Shopee Ads dan Tokopedia Ads bagi UMKM Griya Batik Sri Rahayu, sehingga lebih mudah menjangkau konsumen dan calon konsumen mengenai produk yang ditawarkan serta pelatihan karyawan UMKM Griya Batik Sri Rahayu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan UMKM Griya Batik Sri Rahayu. Dengan diterapkannya strategi pemasaran melalui marketplace Shopee dan Tokopedia, marketplace UMKM Griya Batik Sri Rahayu, pendapatan penjualan online Shopee dan Tokopedia meningkat masing-masing sebesar 168% dan 1578%, selain itu tampilan toko Griya Batik Sri Rahayu di Shopee dan Tokopedia lebih menarik.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dean Aprillia (19430100041)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Marketplace, UMKM Griya Batik Sri Rahayu
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Dean Aprillia
Date Deposited: 01 Feb 2023 16:14
Last Modified: 01 Feb 2023 16:14
THESIS ADVISORS: 1. Dr. Haryanto Tanuwijaya, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0710036602)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6883

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item