TA : Rancang Bangun Toko Online Berbasis Web pada PT. Jaya Utama Bearing untuk Meningkatkan User Experience

Setiawan, Jacky (2023) TA : Rancang Bangun Toko Online Berbasis Web pada PT. Jaya Utama Bearing untuk Meningkatkan User Experience. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100022-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100022-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

PT. Jaya Utama Bearing memiliki website namun sangat sederhana hanya menampilkan produk dan pencantuman nomor telepon toko saja. Customer sering mengalami kebingungan karena tidak adanya informasi detail mengenai barang yang diinginkan karena pada website company profile hanya menampilkan foto tanpa deskripsi atau harga produk tersebut. Hal tersebut mengakibatkan customer harus datang ke toko bertanya langsung kepada admin penjualan maupun melalui telepon mengenai detail informasi barang. Tetapi respon yang lambat dari admin mengakibatkan hilangnya customer. Oleh karena itu diperlukan website yang mempermudah customer dalam melakukan pembelian dan mendapatkan informasi produk di website tanpa harus bertanya kepada admin atau datang ke toko. Berdasarkan pra survei kepada 30 responden menggunakan kuesioner UEQ (User Experience Questionnaire) yang dibagi menjadi 6 indikator yaitu daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability), stimulasi (stimulation) dan kebaruan (novelty) didapatkan kesimpulan masing-masing indikator masih dibawah rata-rata yaitu daya tarik dengan skala rata-rata 0,50, kejelasan 0,85, efisiensi -0,08, ketepatan 0,53, stimulasi 0,31 dan kebaruan 0,19. Setelah adanya website toko online Jaya Utama Bearing hasil survei menunjukkan bahwa 66,7% pengguna merasa sangat puas. Berdasarkan hasil wawancara in depth interview setelah adanya website bahwa menu dan fitur yang ada dalam website toko online Jaya Utama Bearing sudah sesuai dengan indikator-indikator UEQ dalam meningkatkan user experience diantaranya yaitu adanya katalog produk, fitur transaksi pembelian produk secara online tanpa harus pergi ke toko, fitur chatting untuk berdiskusi dengan admin , halaman review produk untuk membantu pelanggan dalam mengambil keputusan untuk membeli produk dan adanya fitur voucher promo yang semakin membuat menarik bagi pelanggan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jacky Setiawan (18410100022)
Uncontrolled Keywords: UI/UX, User Experience Questionnaire, Toko Online
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Jacky Setiawan
Date Deposited: 07 Feb 2023 15:41
Last Modified: 07 Feb 2023 15:41
THESIS ADVISORS: 1. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
2. Endra Rahmawati, M.Kom. (NIDN : 0712108701)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6942

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item