TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online pada UMKM Riot Safe menggunakan Gamification

Aditya, Faris (2023) TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online pada UMKM Riot Safe menggunakan Gamification. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
16410100090-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
16410100090-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Search this title on : |

Abstract

Riot Safe adalah salah satu UMKM yang menjual pakaian polos seperti kaos, hoodie, long sleve, dan sweeter. Permasalahannya adalah banyaknya direct message yang masuk secara bersamaan sehingga admin kesulitan dalam mencatat direct message dari beberapa pelanggan untuk pencatatan setiap transaksi. Admin merasa kesulitan dalam pembuatan pencatatan laporan penjualan, dikarenakan admin hanya menyimpan struk penjualan saja. Hal ini membuat permasalahan jika struk itu hilang, karena tidak terdapat rekapan struk penjualan. Jadi admin tidak bisa mengetahui laporan penjualan tiap periode. Solusi yang ditawarkan peneliti yaitu dengan mengusulkan dibuatkan aplikasi penjualan berbasis website sehingga dapat memperluas jangkauan untuk calon pelanggan. Penerapan metode gamification untuk meningkatkan daya tarik pada website yang dibangun sehingga dapat menyelesaikan suatu permasalahan pemasaran. Pada implementasi gamification terdapat empat elemen yaitu points, leaderboard, badges, dan reward. Pada penerapan gamification terdapat sistem reward pada aplikasi ini dengan tujuan ingin mencapai point sebanyak mungkin untuk mendapatkan potongan harga yang lebih tinggi sesuai ketentuan. Terdapat hasil uji coba aplikasi sebanyak 30 responden, 87% setuju dengan adanya sistem reward pada aplikasi ini membuat pelanggan ingin terus belanja demi mencapai point tertinggi sehingga mendapatkan potongan harga sesuai ketentuan. Sebanyak 30 responden, 82% setuju bahwa adanya sistem point membuat pelanggan termotivasi dalam melakukan transaksi secara berulang. Aplikasi ini memudahkan admin dalam melakukan transaksi penjualan. Admin tidak perlu menerima direct message lagi tentang pemesanan produk dikarenakan pemesanan produk diarahkan langsung ke aplikasi penjualan. Selain itu aplikasi ini terdapat laporan penjualan, sehingga admin bisa mengetahui laporan detail penjualannya.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Faris Aditya (16410100090)
Uncontrolled Keywords: Gamification, Website, Aplikasi Penjualan
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Faris Aditya
Date Deposited: 09 Feb 2023 21:44
Last Modified: 09 Feb 2023 21:44
THESIS ADVISORS: 1. Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0722057501)
2. Sulistiowati, S.Si., M.M. (NIDN : 0719016801)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6958

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item