Estiningrat, Sudrajat (2023) TA : Perancangan Strategi Digital Marketing Menggunakan Metode RACE dalam Membangun Brand Awareness pada Startup Servisin. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Text
18410100070-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
|
Text
18410100070-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Search this title on : |
Abstract
Langkah awal yang harus dilakukan perusahaan rintisan berbasis teknologi(startup) agar pelanggan mau menggunakan atau membeli produk/jasa startup adalah dengan membuat upaya agar pelanggan menyadari/mengetahui keberadaan produk/jasa melalui Brand Awareness. Sayangnya, tidak mudah bagi startup untuk membangun kesadaran merk/brand awareness. Hal ini juga dialami oleh startup Servisin, yang bergerak dalam sektor industri pelayanan jasa servis perabot elektronik. Sejak berdiri awal Januari tahun 2021 di Surabaya, brand awareness startup servisin sangat rendah, yaitu hanya memiliki 20 followers di Instagram, dari survei yang dilakukan pada 100 responden, hanya 15 orang yang mengenal Servisin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun brand awareness startup Servisin dengan Metode RACE. Metode ini dipilih karena terbukti mampu membantu perusahaan baru untuk membangun brand awareness secara terstruktur dan meningkatkan pemasarannya. Metode penelitian ini adalah diawali dari tahap pendahuluan, perencanaan, pengembangan strategi digital marketing Reach, Act, Convert, Enggage dengan Application Programming Interface dan tahap akhir yaitu evaluasi. Hasil penelitian ini pada tahap Reach mampu mendapatkan brand awareness sebesar 1434 unique visitor Instagram, 135 unique visitor facebook, 98 followers, 683 value per visit di Instagram. Untuk tahap Act mampu mendapatkan 40 share, 365 likes, dan 16 comments pada Instagram. Pada tahap Convert mampu mendapatkan 16 calon pelanggan yang menghubungi startup Servisin untuk bertanya dan memesan layanan jasa servis, dan tahap Engage mampu mendapatkan engagement rate Instagram sebesar 27,2% dan engagement rate Facebook sebesar 87,7%.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sudrajat Estiningrat (18410100070) |
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Sosial Media, RACE,Brand Awarenees, Startup. |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Sudrajat Estiningrat |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 22:13 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 22:13 |
THESIS ADVISORS: |
1. Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
2. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6966 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |