TA : Perancangan Strategi Digital Marketing melalui Instagram dan Tiktok dengan Metode Sostac guna Meningkatkan Jumlah Merchant yang Bergabung pada Startup Picnicker

Nazulfa, Indana (2023) TA : Perancangan Strategi Digital Marketing melalui Instagram dan Tiktok dengan Metode Sostac guna Meningkatkan Jumlah Merchant yang Bergabung pada Startup Picnicker. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100006-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
18410100006-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Picnicker merupakan sebuah Startup yang bergerak pada sektor pariwisata penyedia layanan pemasaran produk melalui kampanye voucher/potongan harga berbasis teknologi yang dapat diakses melalui website Picnicker.id, memiliki target untuk bekerjasama dengan merchant seperti UMKM yang akan dijadikan mitra Picnicker dalam pemasangan campaign promosi kepada pengguna aplikasi maupun merchant. Saat ini Picnicker menerapkan strategi pemasaran dengan promosi melalui Instagram dan Tiktok. Berdasarkan hasil observasi awal Picnicker tidak pernah melakukan situation analysis, objective, belum adanya strategy yang jelas, tidak ada taktik serta analisis konten terhadap Tiktok maupun Instagramnya. Berdasarkan hasil laporan pada Maret 2022 jangkauan Instagram hanya sebanyak 947, 122 kunjungan profile, pada TikTok hanya memiliki 16 video viewer, 6 followers, 12 like, dan tidak mendapatkan profile view dan share. Hal ini berakibat hanya 2 merchant yang berhasil bergabung. Sehingga pada penelitian dilakukan perancangan strategy digital marketing melalui sosial media Instagram dan TikTok dengan menggunakan metode SOSTAC guna meningkatkan jumlah merchant. Metode SOSTAC lebih menargetkan dalam perancangan strategi komunikasi dan metode perencanaan yang terdiri dari Situation Analystic, Objective, Strategy, Tactics, Action and Control. Hasil perancangan menggunakan API Meta Business Suite pada Instagram dan Business Suite TikTok berhasil memenuhi target Picnicker. Berdasarkan KPI strategy digital marketing menunjukkan bahwa telah memenuhi target, dengan mampu menaikan rata-rata reach pada Instagram sebesar 66,7% dan pada TikTok sebesar 72%. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah merchant yang bergabung pada Picnicker yaitu sebesar 10 merchant dalam 2 minggu penelitian.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Indana Nazulfa (18410100006)
Uncontrolled Keywords: Digital marketing, Picnicker, Metode SOSTAC, Instagram, TikTok
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Indana Nazulfa
Date Deposited: 15 Feb 2023 08:03
Last Modified: 15 Feb 2023 08:03
THESIS ADVISORS: 1. Sri Hariani Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
2. Rudi Santoso, S.Sos., M.M. (NIDN : 0717107501)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6968

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item