TA : Rancang Bangun Aplikasi Pengukuran Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Outcome Based Education di Universitas Dinamika

Arif, Hanif (2023) TA : Rancang Bangun Aplikasi Pengukuran Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Outcome Based Education di Universitas Dinamika. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100253-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100253-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI) Universitas Dinamika yang merupakan unit organisasi yang melakukan monitoring dan pengembangan sistem pembelajaran. Pada awal semester ganjil tahun 2020/2021, seluruh program studi yang ada di Universitas Dinamika melakukan pembaruan kurikulum yang dikembangkan dengan Outcome Based Education (OBE). Sejak terjadinya perubahan kurikulum berbasis OBE pada Universitas Dinamika yang dianggap relatif masih baru, membuatnya dianggap rumit dan membutuhkan waktu, karena data yang ada tidak terintegrasi. Beberapa permasalahan yang dialami yaitu dokumen belum terintegrasi karena penyimpanan RPS maupun instrumen monev CLO masih dilakukan secara manual. Selain itu ada perbedaan format antara RPS dan instrumen monev CLO. Hal tersebut menyebabkan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan P3AI sulit dalam memantau dan mengukur capaian CLO. Lalu, dalam penyusunan laporan akhir, data diperoleh dari berbagai aplikasi seperti Brilian dan hasil angket dosen pada sicyca, sehingga P3AI harus merekap atau meminta data pada bagian Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi (PPTI) ketika akan menyusun laporan akhir. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah aplikasi yang mampu membantu dalam implementasi kurikulum OBE, khususnya untuk mengintegrasikan, mengelola, memberi akses terhadap data atau file yang ada sehingga ketercapaian CLO pada setiap mata kuliah dapat dimonitoring, diukur, dan dievaluasi. Serta dapat menyusun laporan akhir semester. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode SDLC model waterfall dari Pressman. Aplikasi diuji menggunakan black-box testing dan System Usability Scale (SUS). Hasil uji coba black-box menunjukkan bahwa semua fungsional aplikasi yang dilakukan tidak terjadi kesalahan. Hasil uji System Usability Scale juga menunjukkan bahwa hasil akhir yang diperoleh dari tanggapan responden adalah 77,7. Berdasarkan karakteristik penilaian berdasarkan pedoman SUS, maka didapatkan bahwa pada Acceptibility Range mendapatkan hasil Acceptable yang berarti aplikasi OBE dapat diterima oleh pengguna, kemudian pada sisi Grade Scale (tingkat penerimaan) termasuk kedalam kelas C, dan pada sisi Adjective Ratings mendapatkan hasil Excellent. Selain itu, berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebanyak 58,3% pengguna beranggapan sangat setuju bahwa perlu berpikir lagi menggunakan sistem OBE. Sebanyak 41,7% pengguna beranggapan tidak setuju bahwa sistem ini sulit digunakan. Terdapat 50% dari pengguna beranggapan sangat tidak setuju bahwa sistem membingungkan. Terdapat sekitar 65% pengguna yang beranggapan perlu untuk membiasakan diri dahulu untuk menggunakan sistem.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hanif Arif (18410100253)
Uncontrolled Keywords: P3AI, Outcome Based Education, CLO, monitoring
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education > 371 Schools & their activities; special education
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Hanif Arif
Date Deposited: 11 Feb 2023 20:27
Last Modified: 11 Feb 2023 20:27
THESIS ADVISORS: 1. Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0712066801)
2. Vivine Nurcahyawati, M.Kom. (NIDN : 0723018101)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6976

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item