Pramesti, Shindu Sekar (2023) TA : Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kepuasan Anggota pada KPRI Makmur Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
![]() |
Text
18410100039-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
18410100039-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Search this title on :
|
Abstract
KPRI Makmur Genteng Banyuwangi adalah salah satu koperasi di Banyuwangi yang memiliki beberapa unit usaha yang ditawarkan kepada anggota, meliputi: unit usaha simpan pinjam dan unit usaha pertokoan. Permasalahan saat ini adalah terjadinya penurunan jumlah anggota dari tahun 2021 sampai dengan 2022 sebanyak 40 orang. Salah satu penyebab terjadinya penurunan anggota tersebut diindikasikan karena pelayanan yang diberikan belum maksimal. Selama ini tanggapan dan saran dari anggota terhadap pelayanan hanya dicatat dan direkap pada lampiran laporan pembukuan tanpa adanya analisis lebih lanjut. Hal tersebut menyebabkan KPRI Makmur Genteng Banyuwangi kesulitan dalam mengukur kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan. Oleh sebab itu solusi yang diberikan dengan pembuatan aplikasi analisis kepuasan anggota pada KPRI Makmur Genteng Banyuwangi sehingga dapat mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Metode yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan adalah Metode Service Quality dari Parasuraman. Metode Service Quality memiliki 5 (lima) dimensi yang terdiri dari Bukti Langsung (Tangible), Kehandalan (Reliable), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Hasil penelitian berupa aplikasi meliputi: penyimpanan data, pengisian kuesioner, pengujian validitas dan reliabilitas, dan hasil dari GAP Analysis. Hasil dari GAP Analysis pada pelayanan KPRI Makmur Genteng Banyuwangi yaitu terdapat tujuh pelayanan dimana selisih yang didapatkan menunjukkan nilai negatif yang berarti pelayanan koperasi tersebut anggota merasa kurang puas dan pelayanan tersebut belum maksimal, maka diperlukan adanya peningkatan dan perbaikan agar dapat memenuhi kepuasan anggota. Pengujian menggunakan User Acceptance Testing yang ditujukan kepada anggota menunjukkan persentasi 78.5% yang berarti bahwa anggota merasa bahwa aplikasi analisis kepuasan anggota diperlukan. Sedangkan pengujian untuk pengurus menunjukkan persentasi 80% yang berarti bahwa pengurus merasa aplikasi analisis kepuasan anggota membantu mengukur sebesarapa kepuasan anggota terhadap pelayanan KPRI Makmur Genteng Banyuwangi.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Shindu Sekar Pramesti (18410100039) |
Uncontrolled Keywords: | Koperasi, Kualitas Pelayanan, Service Quality, GAP Analysis, User Acceptance Testing |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Shindu Sekar Pramesti |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 11:49 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 11:49 |
THESIS ADVISORS: |
1. Sulistiowati, S.Si., M.M. (NIDN : 0719016801)
2. Ir. Henry Bambang Setyawan, M.M. (NIDN : 8973650022) |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7010 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Actions (login required)
![]() |
View Item |