TA : Penerapan Algoritma Instagram pada UMKM Krecek Rambak Sandy Jaya untuk Memperluas Jangkauan Pasar

Oktaviana, Siska Dinda (2023) TA : Penerapan Algoritma Instagram pada UMKM Krecek Rambak Sandy Jaya untuk Memperluas Jangkauan Pasar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100234-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100234-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)

Search this title on : |

Abstract

Pandemi Covid 19 memberikan dampak penurunan omzet usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, salah satunya UMKM Krecek Rambak. Tidak hanya itu, pandemi mengubah pola perilaku masyarakat menjadi lebih memperhatikan Social Distancing, dan lebih menyukai berbelanja secara online. Kondisi ini menyebabkan penurunan omzet UMKM. Berbagai upaya dilakukan, seperti pemasaran secara door to door di wilayah Mojokerto dan perekrutan reseller, tetapi penjualan tidak mengalami perubahan yang signifikan. Oleh sebab itu, UMKM harus memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan media sosial yang paling ampuh dan gratis untuk memasarkan produk UMKM yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan algoritma Instagram agar memperluas jangkauan pemasaran UMKM Krecek Rambak Sandy Jaya. Metode penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu identifikasi masalah, analisis, tahap penerapan 4 algoritma Instagram, dan evaluasi hasil. Hasil dari penelitian ini adalah perluasan jangkauan pasar UMKM dari aspek geografis Mojokerto meluas ke Surabaya, Gresik, Jombang, Banyuwangi, hingga Kalimantan. Aspek demografis terjadi peluasan dari ibu rumah tangga menjadi meluas ke semua kalangan baik pria, wanita usia 18-55 tahun. Aspek behavioral terjadi perluasan dari membeli krecek rambak saat puasa sekarang meluas ke konsumsi sehari hari, sedangkan aspek psikografi mengalami perluasan dari yang awalnya membeli untuk camilan, sekarang untuk alasan kesehatan. Implementasi algoritma ini menghasilkan peningkatan penjualan sebanyak 700kg, sehingga dapat disimpulkan terdapat peluasan jangkauan pasar.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siska Dinda Oktaviana (18410100234)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Instagram, Digital Marketing, Instagram, Perilaku Konsumen,UMKM
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Siska Dinda Oktaviana
Date Deposited: 15 Feb 2023 12:29
Last Modified: 15 Feb 2023 12:29
THESIS ADVISORS: 1. Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
2. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7017

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item