TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan pada Kedai Garasi Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Website

Winalda, Kevin Dian (2023) TA : Rancang Bangun Aplikasi Penjualan pada Kedai Garasi Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Website. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
16410100023-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
16410100023-2023-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Search this title on : |

Abstract

Kedai Garasi merupakan salah satu café yang berdiri pada tahun 2020 dan bertempat di Jalan Malik Ibrahim Nomor 40, Pucanganom, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61217. Permasalahan yang terjadi adalah perekapan member baru masih perekapan manual yang tidak terintegrasi dengan sistem dan itu membutuhkan waktu 1 jam/hari dalam melakukan proses perekapan penjualan harian, penjualan harianpun bisa mencapai 50 lebih transaksi. Solusi yang ditawarkan adalah dibuatkan aplikasi penjualan berbasis website agar pemilik dapat melakukan perekapan secara otomatis dan konsumen selalu tertarik agar datang ke Kedai Garasi sehingga dapat meningkatkan penjualan, oleh karena itu diperlukannya penerapan metode gamification untuk meningkatkan daya tarik pada aplikasi penjualan yang dibangun sehingga dapat menyelesaikan permasalahan. Pada implementasi gamification terdapat empat elemen yaitu leaderboard, point, challenge and quest, dan reward. Pada leaderboard menampilkan produk yang paling banyak dibeli di kedai garasi, point didapatkan setelah transaksi selesai dan melakukan challenge and quest. Challenge and quest disini digunakan untuk mendapatkan point tambahan setelah melakukan transaksi. Reward dapat digunakan apabila terkumpulnya total perolehan point yang didapatkan sesuai dengan ketentuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah adanya aplikasi berbasis website pada Kedai Garasi dalam sehari mengalami kenaikan sebesar 0.5%. Peneliti menggunakan data harian dikarenakan keterbatasan waktu oleh peneliti.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kevin Dian Winalda (16410100023)
Uncontrolled Keywords: Gamification, Cafe, Website, Reward, Point.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Kevin Dian Winalda
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:19
Last Modified: 21 Feb 2023 07:19
THESIS ADVISORS: 1. Dr. Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0731057301)
2. I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, S.T., M.Eng. (NIDN : 0805058602)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7018

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item