TA : Penerapan Gamification pada Website Wishlist Dinamika untuk Meningkatkan Minat Jurnalis Menulis Berita

Rahmawan, Dendi Riki (2023) TA : Penerapan Gamification pada Website Wishlist Dinamika untuk Meningkatkan Minat Jurnalis Menulis Berita. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100087-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100087-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Search this title on : |

Abstract

Website Wishlist merupakan website yang sedang dikembangkan atau dibuat PPTI (Pusat Pengembangan Teknologi Informasi) yang didasari oleh permintaan dari divisi humas (Public Relations), website Wishlist difungsikan untuk membantu website Universitas Dinamika (https://www.dinamika.ac.id/) dalam menyajikan informasi bagi masyarakat. Namun website Wishlist belum bisa digunakan oleh masyarakat sepenuhnya dikarenakan keterbatasan informasi yang disediakan pada website Wishlist tersebut. Hal tersebut dikarenakan pihak pengelola website Wishlist (Public Relations) tidak dapat berkontribusi banyak dalam memberikan layanan informasi karena keterbatasan dalam memperoleh informasi yang ada. Untuk itu pihak humas (Human Resource) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memberikan informasi yang mereka punya untuk nantinya bisa dipublikasikan ke dalam website Wishlist, namun tidak semua orang bisa berpartisipasi dengan suka rela untuk memberikan informasi yang mereka punya untuk nantinya dipublikasikan ke dalam website Wishlist. Berdasarkan permasalahan dan peluang tersebut diperlukan sebuah metode yang dapat mendorong masyarakat untuk tertarik berkontribusi dalam pengembangan website Wishlist. Penerapan gamification dapat membuat masyarakat memiliki alasan mengapa mereka harus ikut berkontribusi dalam pengembangan website Wishlist, penerapan gamification memberikan manfaat seperti mempererat hubungan jurnalis dan menghasilkan keterlibatan jurnalis melalui interaksi positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamification berhasil diterapkan pada website Wishlist. Data-data yang didapat dari survei 52 responden, tiap-tiap element gamification mampu meningkatkan minat jurnalis untuk menulis berita pada website Wishlist diantaranya adalah element point mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 71%, element reward mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 74%, element challenges mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 68%, element level mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 68% dan element leaderboards mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 66%


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dendi Riki Rahmawan (18410100087)
Uncontrolled Keywords: website, Gamification, Prototype, Laravel, Portal Berita.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Dendi Riki Rahmawan
Date Deposited: 20 Feb 2023 15:35
Last Modified: 20 Feb 2023 15:35
THESIS ADVISORS: 1. I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, S.T., M.Eng. (NIDN : 0805058602)
2. Slamet, M.T., CCNA (NIDN : 0701127503)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7044

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item