TA : Penerapan Metode Antrian Multi Channel - Single Phase pada Layanan IT Helpdesk Berbasis Mobile di PT. Indospring, Tbk

Assiddiqi, Syukron Bilaghoyah (2023) TA : Penerapan Metode Antrian Multi Channel - Single Phase pada Layanan IT Helpdesk Berbasis Mobile di PT. Indospring, Tbk. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100258-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
18410100258-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Search this title on : |

Abstract

PT. Indospring, Tbk merupakan perusahaan swasta yang beroperasi di bidang industri pegas untuk kendaraan. Department IT memiliki tugas untuk menjaga dan mengembangkan setiap infrastruktur IT perusahaan. Setiap kerusakan, pengajuan infrastruktur dan pengajuan perbaikan infrastruktur IT merupakan tanggung jawab Departemen IT. Proses pelaporan, pengajuan infrastruktur dan pengajuan perbaikan infrastruktur IT saat ini dilakukan dengan menggunakan panggilan telepon, whatsapp dan helpdesk sistem lama. Melalui wawancara, pelaporan melalui panggilan telepon dan whatsapp ini sering kali tidak ditanggapi karena tidak adanya record terkait laporan tersebut. Pada helpdesk yang saat ini menggunakan sistem lama yang hanya dapat melakukan laporan saja, sehingga tidak ada opsi untuk pengajuan dan perbaikan infrastruktur IT. Sistem lama helpdesk memiliki limitasi terhadap penggunaannya yang hanya bisa diakses pada lingkungan perusahaan. Pengajuan dan perbaikan infrastruktur IT saat ini masih menggunakan form kertas yang dapat menyebabkan adanya berbagai masalah seperti diperlukannya proses membawa serta memasukkan data yang lama dan masalah keamanan yang diakibatkan dari bocornya informasi sensitif yang ada di dalam form tersebut. Berdasarkan penjabaran masalah tersebut diperlukan solusi yang dapat digunakan departemen IT untuk melakukan penerimaan laporan, pengajuan infrastruktur dan pengajuan perbaikan infrastruktur IT dan karyawan PT. Indospring yang dapat dilakukan bebas waktu dan tempat. Sistem yang dikembangkan menggunakan sistem antrian dengan metode multi channel - single phase. Simulasi model antrian dengan menggunakan 3 data kecepatan pelayanan yang berbeda menunjukkan simulasi antrian multi channel - single phase aplikasi IT Helpdesk. Simulasi 1 memiliki kondisi sistem antrian terbaik dengan nilai probabilitas antrian tidak ada (P0) terbesar yaitu 0,3679 (36,79%), jumlah laporan dalam sistem (Ls) terkecil yaitu 1 laporan, dan waktu dalam sistem (Ws) terkecil yaitu 0,1667 jam atau 10 menit. Di sisi lain, Simulasi 3 memiliki kondisi sistem antrian terburuk dengan nilai probabilitas antrian tidak ada (P0) terkecil yaitu 0,0025 (2,5%), jumlah laporan dalam sistem (Ls) terbesar yaitu 6 laporan, dan waktu dalam sistem (Ws) terbesar yaitu 1 jam. Metode antrian multi channel - single phase pada layanan IT Helpdesk berbasis mobile di PT. Indospring, Tbk dapat meningkatkan kecepatan respons pelayanan dengan kondisi perusahaan meninjau jumlah pelayanan yang tersedia, kecepatan layanan yang diberikan masing-masing pelayanan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syukron Bilaghoyah Assiddiqi (18410100258)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Multi Channel – Single Phase, Aplikasi IT Helpdesk
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Syukron Bilaghoyah Assiddiqi
Date Deposited: 01 Mar 2023 13:39
Last Modified: 01 Mar 2023 13:39
THESIS ADVISORS: 1. Agus Dwi Churniawan, S.Si., M.Kom (NIDN : 0723088002)
2. Slamet, M.T. (NIDN : 0701127503)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7064

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item