Pengembangan Model Blended Web Mobile Learning dengan Aplikasi MoLearn untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA

Hariadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9535-6752, Sunarto, M.J. Dewiyani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9232-1714, Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477, Amelia, Tan, Lemantara, Julianto ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7494-8564, Prahani, Binar Kurnia and Jatmiko, Budi (2021) Pengembangan Model Blended Web Mobile Learning dengan Aplikasi MoLearn untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA. Empiricism Journal, 2 (2). pp. 63-72. ISSN 2745-7613

[img] Text
Artikel-Pengembangan Model.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Turnitin-Pengembangan model .pdf

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) melalui pembudayaan belajar dengan pendekatan blended learning dengan menerapkan model Blended Web Mobile Learning (BWML) dan aplikasi MoLearn. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada Generic Design Research Model (GDRM) dari Plomp dan Nieveen. Untuk pengembangan aplikasi MoLearn metode System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini meibatkan 205 siswa sebagai subjek penelitiaan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrument lembar validasi model, angket resposn siswa, dan tes HOTs siswa. Penelitian dianalisis secara deskriptif menggunakan persamaan reliabilitas dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model BWML dengan aplikasi MoLearn dinyatakan valid dan reliable berdasarkan tinjauan content dan isi, selain itu, berdasarkan hasil respon 205 siswa terhadap pembelajaran model BWML dengan aplikasi MoLearn, 83% siswa dinyatakan antusias mengikuti pembelajaran; dan (2) peningkatan HOTs siswa dinyatakan meningkat (rerata n-gain= 0,46) dengan kategori sedang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model Blended Web Mobile Learning (BWML) dengan aplikasi MoLearn valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA.


Export Record


Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: blended web mobile learning, MoLearn, higher order thinking skills (HOTs)
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Apr 2023 13:54
Last Modified: 24 May 2023 09:33
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7103

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item