Perancangan Strategi Digital Marketings dengan Metode Race pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z

Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339, Naufal, Althov Zhorif and Wulandari, Sri Hariani Eko (2021) Perancangan Strategi Digital Marketings dengan Metode Race pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 3 (1). pp. 1-11. ISSN 2686-6102

[img] Text
Perancangan Strategi Digital Marketings Dengan Metode Race Pada Layanan Online Food Delivery Berdasarkan Perilaku Pelanggan Generasi Z.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiasi Jurnal Perancangan Strategi Digital Marketing.pdf

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi khususnya di Indonesia menyebabkan munculnya praktik e-business baru yaitu OFD (Online Food Delivery) yang banyak diminati masyarakat karena membuat proses pemesanan makanan menjadi lebih hemat biaya dan efektif, karena makanan tiba tepat saat dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran digital RACE berbasis perilaku pelanggan dengan studi kasus pada pengguna layanan OFD Go-Food dan GrabFood di Surabaya. Tahapan digital marketing RACE terbagi menjadi 4 tahapan yaitu Reach, Act, Convert and Engage, sedangkan customer behavior memiliki 10 elemen yang dapat digunakan untuk mengukur perilaku customer yaitu Motivasi, Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, Pembelajaran, Sikap, Komunikasi, Kelompok Rujukan, Keluarga, Kelas Sosial, dan Budaya. Dalam penelitian ini Go-Food dan GrabFood digunakan sebagai objek penelitian karena saat ini sebagai pemimpin segmen OFD untuk kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan total sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahap Reach dipengaruhi oleh keluarga, Tahap Act dipengaruhi oleh persepsi konsumen, komunikasi, dan sikap, Tahap Convert dipengaruhi oleh kelompok rujukan, dan motivasi, Tahap Engage dipengaruhi oleh budaya, gaya hidup, kelompok rujukan keluarga, kepribadian, komunikasi, pembelajaran, persepsi konsumen, dan sikap.


Export Record


Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-business, Strategi Pemasaran Digital, Perilaku Konsumen, Online Food Delivery
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 24 May 2023 10:41
Last Modified: 24 May 2023 10:41
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7113

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item