TA : Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu dengan QR Code pada Grande Garden Cafe menggunakan Metode FCFS (First Come First Served)

Utama, Khosy Hanno Candra (2023) TA : Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu dengan QR Code pada Grande Garden Cafe menggunakan Metode FCFS (First Come First Served). Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
18410100030-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
18410100030-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Grande Garden Cafe merupakan kafe yang terkenal di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem pemesanan dan pengolahan menu yang lebih efisien dengan menggunakan metode FCFS (First Come First Served) sebagai metode pengurutan pemesanan dan kode QR sebagai media untuk memesan. Metode penelitian yang digunakan dalam proses pembuatan aplikasi adalah waterfall. Ada 4 permasalahan utama yang terjadi yaitu pertama lama antrian pelanggan pada saat memesan, kedua proses produksi karena tidak urut, ketiga tidak mengetahui menu yang habis, dan ke-empat pelanggan tidak mengetahui waktu pesanan selesai. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu membuat membuat QR Code pada setiap meja untuk mempercepat proses pesanan pelanggan, membuat fitur pada aplikasi untuk mengurutkan pesanan, membuat fitur agar menu yang habis tidak dapat dipesan, dan menambahkan waktu selesai berdasarkan perhitungan FCFS pada menu yang dipesan pelanggan. Pengguna dari aplikasi ini ada 4 yaitu Pelanggan (meja), Kasir, Produksi, dan Admin (Owner), dimana memiliki fitur utama yaitu melakukan pemesanan menu (pelanggan), mengubah status pesanan dan cetak struk (kasir), melihat urutan pesanan pelanggan dan ubah status menu (produksi), dan menambahkan data master, mencetak laporan, dan melihat perhitungan FCFS (admin). Hasil dari pengujian aplikasi pemesanan menu ini menggunakan metode Black Box dengan hasil 100% berhasil. Hasil dari pengecekan waktu lama antrian pada setiap pelanggan sebelumnya 2 menit menjadi 1 menit per pelanggan, sehingga dapat disimpulkan memangkas waktu antrian.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Khosy Hanno Candra Utama (18410100030)
Uncontrolled Keywords: sistem pemesanan, antrian, metode FCFS, kode QR.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Khosy Hanno Candra Utama
Date Deposited: 10 Aug 2023 15:02
Last Modified: 10 Aug 2023 15:02
THESIS ADVISORS: 1. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
2. Rudi Santoso, S.Sos., M.M. (NIDN : 0717107501)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7262

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item