TA : Perancangan Board Game Menyusun Kata Pengenalan Nama Buah dengan Menggunakan Braille sebagai Media Edukasi Anak Tunanetra

Kurniawan, Mochammad Rizky (2023) TA : Perancangan Board Game Menyusun Kata Pengenalan Nama Buah dengan Menggunakan Braille sebagai Media Edukasi Anak Tunanetra. EngD thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19420100021-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
19420100021-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Board game berbasis Braille sebagai alat bantu pengenalan buah-buahan untuk anak tunanetra. Anak tunanetra menghadapi tantangan dalam memahami dunia sekitar mereka karena keterbatasan penglihatan. Oleh karena itu, perlu ada inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang inklusif untuk membantu anak tunanetra mengenali dan memahami berbagai jenis buah. Penelitian ini berfokus pada pembuatan Board game yang dirancang khusus untuk memfasilitasi pengenalan buah-buahan melalui sentuhan Braille. Penerapan Braille sebagai metode komunikasi dan pembacaan dengan menggunakan sentuhan menjadi elemen utama dalam perancangan Board game ini. Selain itu, penggunaan bentuk dan tekstur yang berbeda pada setiap kartu buah akan memudahkan anak tunanetra untuk mengidentifikasi dan mengingat karakteristik masing-masing buah. Metodologi penelitian melibatkan pengembangan prototipe Board game, pengujian dan evaluasi dengan partisipasi anak-anak tunanetra di sebuah sekolah inklusif. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas Board game dalam meningkatkan pemahaman anak tentang berbagai buah dan kemampuan mereka untuk membaca dan memahami Braille. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pendidikan anak tunanetra. Board game yang dikembangkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan efektif dalam mengenalkan dunia buah-buahan kepada anak-anak tunanetra. Dengan pendekatan yang inklusif dan berbasis pada sentuhan, Board game ini akan membantu anak tunanetra mengatasi keterbatasan mereka dan memperluas pengetahuan serta keterampilan mereka dalam memahami lingkungan sekitar.


Export Record


Item Type: Thesis (EngD)
Additional Information: Mochammad Rizky Kurniawan (19420100021)
Uncontrolled Keywords: Board game, Anak tunanetra, Braille, Inklusif, Pengenalan buah
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 790 Recreational & performing arts
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Mochammad Rizky Kurniawan
Date Deposited: 14 Aug 2023 14:10
Last Modified: 14 Aug 2023 14:10
THESIS ADVISORS: 1. Siswo Martono, S.Kom., M.M. (NIDN : 0726027101)
2. Evi Farsiah Utami, S.Ds., MA. (NIDN : 0717029106)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7270

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item