TA : Penerapan Dashboard Strategis untuk Mendukung Strategi Pemasaran pada PT. Jayaland Sidoarjo

Afifah, Apriliani Nur (2023) TA : Penerapan Dashboard Strategis untuk Mendukung Strategi Pemasaran pada PT. Jayaland Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19410100078-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
19410100078-2023-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Search this title on : |

Abstract

PT Jayaland merupakan perusahaan di bidang properti yang berfokus untuk mengembangkan wilayah daerah Selatan Surabaya dan Sidoarjo. Pada PT Jayaland terdapat divisi marketing yang bertujuan untuk melakukan penjualan sebanyak-banyaknya dengan margin yang tinggi. Promosi yang dilakukan memerlukan anggaran, saat ini anggaran yang dikeluarkan adalah 4% dari total omzet penjualan, namun angka ini masih dirasa kurang dibandingkan dengan perusahaan lain yang memberi komisi hingga 8-10% kepada agensi. Strategi yang dilakukan oleh divisi marketing saat ini adalah 1) Menjadikan anggaran akhir tahun sebagai anggaran tahun berikutnya 2) Melakukan subsidi silang 3) Memasukkan anggaran ke HPP (Harga Pokok Pembangunan) sehingga membuat harga pembangunan menjadi lebih mahal. Namun, ketiga strategi sebelumnya ternyata masih kurang optimal dan dianggap sedikit merugikan bagi divisi marketing. Hal ini bisa terjadi dikarenakan divisi marketing belum melakukan pemasaran dengan mengelompokkan pelanggannya ke dalam segmentasi tertentu yang mengakibatkan promosi yang dilakukan menjadi cukup luas dan tidak terarah. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi dari penelitian ini adalah dengan membuat rekomendasi strategi pemasaran dengan marketing mix 3P yang meliputi Price, Place, dan Promotion. Strategi pemasaran disusun berdasarkan dashboard strategis yang berasal dari olahan data mining menggunakan K-Means Clustering untuk melihat sebaran geografi. Hasil dari penelitian ini adalah bagian marketing dapat mengetahui capaian target penjualan, jumlah customer pada setiap wilayah, tertib administrasi, dan produk laku pada setiap unit melalui dashboard strategis yang dibuat. Hasil dari ujicoba pembuatan dashboard dilakukan menggunakan UAT (User Acceptance Test ) adalah 97,78% yang berarti sangat setuju bahwa dashboard yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan pengguna .


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Apriliani Nur Afifah (19410100078)
Uncontrolled Keywords: Dashboard Strategis, K-Means Clustering, Marketing Mix, Segementasi Pelanggan
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Apriliani Nur Afifah
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:42
Last Modified: 28 Aug 2023 07:42
THESIS ADVISORS: 1. Vivine Nurcahyawati, M.Kom. (NIDN : 0723018101)
2. Dr. Eng. Valentinus Roby Hananto, S.Kom., M.Sc. (NIDN : 0715028903)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7337

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item