TA : Rancang Bangun Sistem Penilaian Kinerja Pengajar di SMU Muhammadiyah 2 Surabaya

Adhityawan, Januariza (2009) TA : Rancang Bangun Sistem Penilaian Kinerja Pengajar di SMU Muhammadiyah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya.

[img] Text
03410100125-2009-STIKOMPSURABAYA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Penilaian kinerja yang terjadi di SMU Muhammadiyah 2 Surabaya kriteria penilaiannya ditentukan oleh wakil kepala sekolah bidang personalia, sehingga pengajar hanya mengikuti kriteria-kriteria penilaian yang sudah ditentukan. Model penilaian diatas mengakibatkan pengajar tidak memiliki kebebasan berargumen untuk ikut serta menentukan kriteria-kriteria penilaian. Akibat yang terjadi yaitu komunikasi yang terjadi di dalam sekolah tidak berjalan baik, dan tidak memiliki dasar yang lebih objektif untuk menentukan kriteria-kriteria penilaian kinerja pengajar. Masalah diatas dapat diselesaikan dengan metode Management by objectives (MBO), karena kelebihan dengan menggunakan penilaian metode MBO yaitu : memandu wakil kepala sekolah bidang personalia dan pengajar menetapkan kriteria-kriteria penilaian secara bersama-sama sehingga pengajar dapat menyalurkan argumen untuk menentukan kriteria-kriteria penilaiannya, komunikasi yang terjadi di sekolah dapat berjalan baik, dan memiliki dasar yang lebih objektif dalam untuk penilaian kinerja pengajar. Kriteria-kriteria penilaian berdasarkan tujuan , visi, misi, visi, dan strategi yang dimiliki sekolah. Dalam tugas akhir ini sistem penilaiaan kinerja karyawan dengan MBO dapat melakukan penilaian kinerja yang lebih objektif. Sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan untuk menilai kinerja karyawan sesuai dengan kriteria-kriteria, serta mendapatkan informasi mengenai hasil penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja yang terjadi di SMU Muhammadiyah 2 Surabaya kriteria penilaiannya ditentukan oleh wakil kepala sekolah bidang personalia, sehingga pengajar hanya mengikuti kriteria-kriteria penilaian yang sudah ditentukan. Model penilaian diatas mengakibatkan pengajar tidak memiliki kebebasan berargumen untuk ikut serta menentukan kriteria-kriteria penilaian. Akibat yang terjadi yaitu komunikasi yang terjadi di dalam sekolah tidak berjalan baik, dan tidak memiliki dasar yang lebih objektif untuk menentukan kriteria-kriteria penilaian kinerja pengajar. Masalah diatas dapat diselesaikan dengan metode Management by objectives (MBO), karena kelebihan dengan menggunakan penilaian metode MBO yaitu : memandu wakil kepala sekolah bidang personalia dan pengajar menetapkan kriteria-kriteria penilaian secara bersama-sama sehingga pengajar dapat menyalurkan argumen untuk menentukan kriteria-kriteria penilaiannya, komunikasi yang terjadi di sekolah dapat berjalan baik, dan memiliki dasar yang lebih objektif dalam untuk penilaian kinerja pengajar. Kriteria-kriteria penilaian berdasarkan tujuan , visi, misi, visi, dan strategi yang dimiliki sekolah. Dalam tugas akhir ini sistem penilaiaan kinerja karyawan dengan MBO dapat melakukan penilaian kinerja yang lebih objektif. Sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan untuk menilai kinerja karyawan sesuai dengan kriteria-kriteria, serta mendapatkan informasi mengenai hasil penilaian kinerja karyawan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Januariza Adhityawan (03410100125)
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:02
Last Modified: 12 Jan 2024 08:02
THESIS ADVISORS: 1. I Gede Arya Utama, Ir., M.MT (NIDN : 0726044403)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7480

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item