TA : Analisis Pengaruh Perceived Risk dan Ewom terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Mediasi Belanja Online pada Platform Tiktok

Aprillia, Dean (2024) TA : Analisis Pengaruh Perceived Risk dan Ewom terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Mediasi Belanja Online pada Platform Tiktok. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19430100041-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
19430100041-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Semakin banyaknya pengguna internet dan kemudahan teknologi dalam berbelanja online telah menyebabkan pertumbuhan signifikan dalam jumlah transaksi e-commerce di Indonesia. Belanja online masih dianggap sebagai aktivitas yang beresiko, banyak faktor yang menyebabkan minat beli konsumen dalam transaksi jual beli online. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Perceived Risk dan EWOM berpengaruh terhadap Purchase Intention. Ada penelitian yang menunjukan EWOM tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention .Oleh karena itu ditambahkan Trust sebagai variabel mediasi untuk menguji pengaruh Perceived Risk dan EWOM terhadap Purchase Intention belanja online pada Platform TikTok. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan sebab akibat yang memengaruhi Purchase Intention meliputi Perceived Risk, EWOM, Trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 239 Responden pengguna yang pernah melakukan pembelian di platform TikTok di Jawa Timur. Penelitian ini diuji mengunakan SmartPLS 4 versi Profesional dengan analisis Partial Least Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Risk berpengaruh signifikan terhadap Trust dan Purchase Intention, EWOM berpengaruh signifikan terhadap Trust dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Trust berpengaruh signifikan secara langsung dan berpengaruh dalam memediasi hubungan Perceived Risk dengan Purchase Intention. Trust berpengaruh signifikan secara langsung dan berpengaruh dalam memediasi EWOM dengan Purchase Intention.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dean Aprillia (19430100041)
Uncontrolled Keywords: Perceived Risk, Ewom, Purchase Intention, Trust, Belanja Online, Platform Tiktok
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Dean Aprillia
Date Deposited: 16 Jan 2024 09:35
Last Modified: 16 Jan 2024 09:35
THESIS ADVISORS: 1. Dr. Januar Wibowo, S.T., M.M. (NIDN : 0715016801)
2. Candraningrat, S.E., M.SM. (NIDN : 0705048901)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7482

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item