LKP : Perancangan Desain Logo UMKM sebagai Brand Awareness pada PT.Jarvis Indiaga Benar

Rosyid, Irfan Abdul (2024) LKP : Perancangan Desain Logo UMKM sebagai Brand Awareness pada PT.Jarvis Indiaga Benar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19420100044-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
[img] Text
19420100044-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah usaha komersial yang dikelola oleh perusahaan atau perseorangan dan mengacu pada usaha ekonomi produktif yang diatur dan ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian negara Indonesia, baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya. Jenis usaha di Indonesia ini sering dan banyak dijalankan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari sekian banyak UMKM yang ada, banyak pula yang belum memiliki identitas visual. Identitas visual sendiri sangat penting bagi UMKM untuk membedakan usahanya dengan kompetitor lain dan memberikan rasa keyakinan kepada calon konsumen. Di sinilah tugas dari PT. Jarvis Indiaga Benar, yang juga merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa desain grafis, Jarvis menerima beberapa permintaan dari klien yang merupakan pegiat UMKM untuk dibuatkan desain logo untuk usahanya. Beberapa UMKM tersebut adalah Abyakta Coffe, Mentari Kopi, Eco Life, Ramen Noodle. Pada perancangan desain logo UMKM ini, setiap brand-nya memilki konsep berbeda – beda sesuai dengan briefing dari klien dan saran dari penyelia, seperti pada brand “Abyakta Coffe” yang berkonsep Line art dengan tampilan simpel diharapkan mudah diingat oleh konsumen, lalu pada brand “Mentari Kopi” berkonsep kopi yang bersinar, dengan makna nantinya diharap usahanya akan terus bersinar, kemudian pada brand “Eco Life” berkonsep objek dasar daun yang digabungkan dengan konsep produknya yaitu daur ulang, sedangkan pada brand “Ramen Noodle” berkonsep mie yang disumpit dari mangkok dengan tambahan efek pedas pada visual mienya untuk menunjukan bahwa produknya merupakan makanan pedas. Penyelesaian perancangan desain logo ini juga memerlukan kesesuaian brief, konsep dan software sehingga mendapatkan hasil rancangan desain logo yang baik dan maksimal. Perancangan desain logo UMKM sebagai brand awareness pada PT. Jarvis Indiaga Benar diharapkan dapat meningkatkan brand awareness UMKM Abyakta Coffe, Mentari Kopi, Eco Life dan Ramen Noodle.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Abdul Rosyid (19420100044)
Uncontrolled Keywords: desain logo, UMKM, brand awareness
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 740 Drawing & decorative arts > 740 Graphic arts & decorative arts
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Irfan Abdul Rosyid
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:09
Last Modified: 12 Feb 2024 09:09
THESIS ADVISORS: 1. Setya Putri Erdiana, S.T., M.Ds. (NIDN : 0721099105)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7526

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item