TA : Perancangan Video Kampanye Sosial Mahasiswa Papua di Surabaya sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Wakla, Elitius (2024) TA : Perancangan Video Kampanye Sosial Mahasiswa Papua di Surabaya sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19420100070-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
19420100070-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Search this title on : |

Abstract

Kampanye sosial merupakan sebuah kampanye yang berfungsi untuk mengkomunikasikan pesan-pesan tentang masalah sosial kemasyarakatan dan bersifat non komersial serta memiliki tujuan utama menyadarkan akan gejala yang terjadi. Perilaku mayoritas menjadi suatu “hal” dalam melihat minoritas. Mayoritas secara intelektual, secara agama, politik tapi juga secara pendidikan. Nilai mayoritas dalam pandangan orang nusantara adalah hal yang mutlak. Lalu memandang orang Papua adalah minoritas, rendah semua dalam setiap bidang yang ada. Ini menjadi suatukekuatan pandangan orang luar untuk orang orang Papua.perilaku minoritas ini merupakan perilaku yang sudah ada di masyarakat Indonesia (Nusantara) sejak dahulu, dan di keadaan di lapangan banyak masyarakat tidak mengetahui apa itu tindakan minoritas. Bagaimana cara menghilangkannya apa saja yang tergolong hal boleh dan tidak boleh dilakukan saat di lingkungan dan ruang publik terbuka. Perlu ada sebuah solusi kreatif yang mengajak generasi mudah untuk menyuarakan pendapat dan mulai memunculkan kebiasaan baru yang positif. Sasaran dari perancangan ini berlaku untuksemua masyarakat umum. Karena semua orang dapat menjadi pelaku yang mampu menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa akan lebih menyenangkan apabila kitadapat berinteraksi namun dengan cara yang lebih baik dan sopan di lingkungan atau ruang publik. Selain mengedukasi minoritas atau kelas dua terhadap mahasiswa Papua, juga dapat mengajarkan bagaimana bertingkah laku sopan saat lingkungan, supaya tidak menjurus ke perilaku mayoritas terhadap minoritas. Perancangan kampanye sosial jangan diangap remeh media yang akan direncang memiliki semua konsep berinteraksi namun bersikap sopan, menawarkan senyum salam sapa sopan danmenghindari terjadinya perilaku mayoritas terhadap minoritas.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Elitius Wakla (19420100070)
Uncontrolled Keywords: kampanye sosial, mahasiwa Papua, minoritas, motivasi untuk belajar
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 770 Photography & photographs > 778 Fields & kinds of photography
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Elitius Wakla
Date Deposited: 07 Mar 2024 11:46
Last Modified: 07 Mar 2024 11:46
THESIS ADVISORS: 1. Siswo Martono, S.Kom., M.M. (NIDN : 0726027101)
2. Dhika Yuan Yurisma, M.Ds., ACA. (NIDN : 0720028701)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7589

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item