TA : Perancangan Strategi Digital Marketing pada Start Up Dlexicon dengan menggunakan Metode Sostac untuk Meningkatkan Zero Moment of Truth (ZMoT)

Subroto, Intan Septy Dhamayanti (2024) TA : Perancangan Strategi Digital Marketing pada Start Up Dlexicon dengan menggunakan Metode Sostac untuk Meningkatkan Zero Moment of Truth (ZMoT). Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19410100080 - 2024 - UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
19410100080 - 2024 - LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

dLexicon merupakan startup yang menyajikan solusi terjemahan online berbasis teknologi, dengan memanfaatkan Instagram dan Facebook sebagai platform utama untuk berpromosi. Namun dalam perjalanannya, startup dLexicon menghadapi tantangan dalam strategi digital marketing, terutama terkait jadwal konten, perhatian terhadap jangkauan yang minim, dan jumlah followers yang terbatas, menyebabkan cakupan jangkauannya terbatas. Penelitian ini menerapkan strategi digital marketing menggunakan kerangka kerja SOSTAC untuk meningkatkan jangkauan dan kinerja social media, dengan fokus pada pencapaian Zero Moment of Truth (ZMoT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kerangka kerja SOSTAC memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah followers, tingkat interaksi, dan jangkauan postingan, terutama di kalangan mahasiswa dan dosen. Analisis data sebelum dan setelah implementasi SOSTAC memberikan pemahaman tentang dampak strategi ini pada pencapaian Zero Moment of Truth (ZMoT). Analisis tersebut mengungkap tren positif (peningkatan) dan negatif (penurunan) dalam mencapai Zero Moment of Truth (ZMoT) serta efektivitas penerapan SOSTAC pada kinerja campaign social media. Selain itu, startup dLexicon berhasil mengatasi tantangan jumlah followers dan jangkauan di social media, dengan peningkatan followers di Instagram dan Facebook masing-masing sebanyak 382 dan 117. Jangkauan di Instagram melonjak drastis dari 139 menjadi 148,143, sementara di Facebook dari 26 menjadi 15,510, menunjukkan keefektifan strategi ini. Meskipun tidak ada data awal dari TikTok karena merupakan platform pemasaran baru, target tercapai dengan peningkatan sebesar 2.62%. Peningkatan kesadaran merek melalui Google Trends juga mencapai 903 pencarian, menandakan kesuksesan implementasi SOSTAC dalam meningkatkan kinerja media sosial dan kesadaran merek perusahaan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Intan Septy Dhamayanti Subroto (19410100080)
Uncontrolled Keywords: Startup, digital marketing, framework SOSTAC, Zero Moment of Truth (ZMoT).
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Intan Septy Dhamayanti Subroto
Date Deposited: 21 Mar 2024 15:19
Last Modified: 21 Mar 2024 15:19
THESIS ADVISORS: 1. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
2. Tan Amelia, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0728017602)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7634

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item