TA : Perancangan UI/UX Aplikasi Reservasi Café Berbasis Mobile dengan Penerapan Metode Lean UX

Sari, Fajar Widya (2024) TA : Perancangan UI/UX Aplikasi Reservasi Café Berbasis Mobile dengan Penerapan Metode Lean UX. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
16410100057-2024-UNIVERSITAS DINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
16410100057-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

Diantara tingginya persaingan antar usaha Food & Beverage, untuk dapat memenangkan persaingan maka sebuah usaha membutuhkan inovasi untuk membangun brand identity supaya nama brand usaha lebih cepat untuk dikenal masyarakat. Dalam hal ini langkah inovasi yang dapat diambil adalah membangun sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh customer. Hasil survey penulis untuk mengetahui pengalaman customer saat berkunjung café didapatkan permasalahan yaitu, (1) 91,4% responden kesulitan memilih menu, (2) 65,7% responden belum pernah menggunakan aplikasi F&B, (3) 82,9% responden yang sudah menerima pesanan sulit menemukan tempat duduk yang kosong, (4) 65,7% responden memilih untuk pergi ke café lainnya saat melihat kondisi café ramai. Berdasarkan pemaparan di atas dibutuhkan sebuah aplikasi reservasi café berbasis mobile untuk customer supaya dapat mengurangi kesulitan yang dihadapi customer. Dalam merancang sebuah aplikasi tentunya ada beberapa faktor pendukung yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah User Interface dan User Experience (UI/UX). Oleh karena itu solusi yang diberikan adalah merancang UI/UX pada aplikasi mobile reservasi café. Perancangan UI/UX pada penelitian ini menggunakan metode Lean UX. Lean UX memiliki empat tahapan yaitu (1) Declaring Assumptions, (2) Create an MVP, (3) Run an Experiments, dan (4) Feedback & Research. Penelitian ini menggunakan dua kali pengujian. Pada iterasi pertama pengujian menggunakan A/B Testing untuk mengetahui desain yang disukai oleh responden. Pengujian pada iterasi kedua menguji prototype C menggunakan metode usability testing dengan memberikan tugas kepada responden untuk menjalankan prototype rancangan UI/UX aplikasi reservasi cafe dan setelahnya diminta untuk menjawab 14 pertanyaaan sesuai lima aspek usability testing. Berdasarkan hasil pengujian A/B Testing, didapatkan 4 desain prototype A dan 8 desain prototype B yang terpilih untuk dilanjutkan ke prototype C. Pengujian iterasi 2 didapatkan hasil skor usability testing dengan menerapkan skala likert 5 sebesar 3,94 yang menunjukkan rancangan UI/UX aplikasi reservasi café masuk dalam kategori baik.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fajar Widya Sari (16410100057)
Uncontrolled Keywords: User Interface/User Experience, Lean UX, A/B Testing, Usability Testing, Reservasi Café.
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Fajar Widya Sari
Date Deposited: 25 Mar 2024 09:53
Last Modified: 25 Mar 2024 09:53
THESIS ADVISORS: 1. A. B. Tjandrarini, S.Si., M.Kom. (NIDN : 0725127001)
2. Sulistiowati, S.Si., M.M (NIDN : 0719016801)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7639

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item