Mahardhika, Wahyu Ismaya Cipta (2024) LKP : Rancang Bangun Aplikasi Chatbot dengan Neural Network di Kanzoo Interior. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
Text
20410100022-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text
20410100022-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
Search this title on : |
Abstract
Kanzoo Interior adalah konsultan desain interior yang berbasis di Surabaya. Mereka menyediakan layanan desain interior dan pembuatan custom furniture untuk rumah, apartemen, kafe, dan kantor. Saat ini, bagian layanan pelanggan di tim Marketing menghadapi masalah saat banyak pertanyaan serupa diajukan secara bersamaan, meningkatkan risiko kesalahan dalam memberikan jawaban atau pertanyaan terlewat untuk diberikan jawaban. Solusi yang diberikan pada Kanzoo Interior adalah pembuatan chatbot berbasis Neural Network yang dapat menjawab pertanyaan dan menyebarkan informasi terkait proses bisnis Kanzoo Interior dengan efisien. Dasar dari pertanyaan yang akan digunakan pada chatbot berdasarkan dari wawancara dan observasi pada Kanzoo Interior, kemudian dilakukan proses NLP dengan tahapan Tokennization, Stemming, Lower Case, dan Bag of Word, kemudian pengkodean menggunakan Numpy Array sebagai masukan pada model neural network. Pada model neural network terdapat proses training dan testing, numpy array digunakan sebagai inputan pada dua proses, proses training menggunakan pengkodean dari Bag of Word dari pertanyaan wawancara dan observasi sebagai input pada model kemudian konteks pada pertanyaan sebagai label sedangkan pertanyaannya dihitung apakah sesuai dengan label yang dituju pada neural network. Dalam proses training didapatkan akurasi 100% dengan nilai loss adalah 0.001 dengan hasil training sebuah file Python model neural network. Proses testing adalah pengujian pertanyaan masuk dari web kemudian dilakukan proses NLP dengan tahapan Tokennization, Stemming, Lower Case, dan vii Bag of Word, setelah itu masuk pengkodean menjadi numpy array sebagai input pada model neural network. Pengujian pertanyaan jika didalamnya terdapat kata-kata pada model neural network yang telah dilatih, kemudian model akan menghitung apabila kata-kata tersebut menghasilkan label yang paling dekat dari perhitungan neural network tersebut. Berdasarkan survei yang dilakukan pada pengguna aplikasi, hasil menunjukkan bahwa 100% pengguna menyatakan sangat puas terhadap kinerja aplikasi ini.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Wahyu Ismaya Cipta Mahardhika (20410100022) |
Uncontrolled Keywords: | chatbot, kanzoo interior, marketing, neural network, nlp |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Wahyu Ismaya Cipta Mahardhika |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 15:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 15:39 |
THESIS ADVISORS: |
1. Vivine Nurcahyawati, M.Kom. (NIDN : 0723018101)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7669 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |