TA : Rancang Bangun Aplikasi Interactive Whiteboard untuk Mendukung Pembelajaran Menggunakan Gaming Controller

Yusdianto, Andre (2012) TA : Rancang Bangun Aplikasi Interactive Whiteboard untuk Mendukung Pembelajaran Menggunakan Gaming Controller. Undergraduate thesis, STIKOM Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version

Download (170kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (120kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf - Accepted Version

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (121kB)

Search this title on : |

Abstract

Pembelajaran bertujuan untuk membangun pengetahuan mahasiswa dalam bidang studi atau ketrampilan tertentu yang disampaikan oleh pendidik ke peserta didik. Dalam menyampaikan materi yang akan dibagikan, tentunya diperlukan media untuk menyampaikan materi tersebut, media tersebut adalah papan tulis. Namun pada kenyataanya dalam menggunakan papan tulis dibutuhkan beberapa alat bantu yaitu spidol, penghapus dan tinta. Selain itu papan tulis juga memiliki ukuran tertentu yang membatasi pendidik dalam menyampaikan materi dan materi pengajaran yang ditulis di papan tulis tidak bisa direkam maupun disimpan. Dari permasalahan yang terjadi, maka diusulkan untuk dibuatnya suatu interactive whiteboard, yaitu suatu panel layar sentuh berukuran besar yang dapat berfungsi sebagai papan tulis biasa yang dapat dioperasikan tanpa menggunakan mouse atau keyboard. Adapun teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat interactive whiteboard adalah perangkat kontrol permainan yang dikeluarkan oleh perusahaan Nintendo yaitu wiimote. Teknologi ini memiliki kamera yang bisa digunakan sebagai receiver yang menerima informasi keberadaan dari sensor infrared yang berupa titik koordinat. Disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan teknologi pengontrol permainan dari Nintendo Wii dapat memecahkan masalah yang terjadi di bidang pembelajaran yang nantinya bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari papan tulis pada umumnya yaitu menulis dan menghapus.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Andre Yusdianto (07410100041)
Uncontrolled Keywords: Interactive Whiteboard, Media Pembelajaran
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 19 Nov 2014 09:35
Last Modified: 11 Jun 2020 17:10
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/770

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item