TA : Perencanaan Pengelolaan Layanan TI Berdasarkan ISO 20000 untuk Meningkatkan Kualitas Layanan pada Bagian PPTI Universitas Dinamika

Nursabila, Nafilah (2025) TA : Perencanaan Pengelolaan Layanan TI Berdasarkan ISO 20000 untuk Meningkatkan Kualitas Layanan pada Bagian PPTI Universitas Dinamika. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
20410100048-2025-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
20410100048-2025-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Saat ini, manajemen layanan teknologi informasi pada bagian PPTI Universitas Dinamika masih menggunakan prosedur internal yang dibuat sendiri. Berdasarkan kondisi yang ada saat ini, PPTI memerlukan standar ISO 20000 dengan menggunakan model PDCA Cycle (Plan, Do, Check, Act). Dalam penelitian ini, model PDCA Cycle diimplementasikan melalui 4 klausul, yaitu Klausul 6 Perencanaan, Klausul 8 Pengoperasian Sistem Manajemen Layanan, Klausul 9 Evaluasi Kinerja, dan Klausul 10 Peningkatan. Penelitian ini menghasilkan 4 dokumen SOP, 11 dokumen prosedur, dan 9 dokumen formulir yang dihasilkan dari proses bisnis berdasarkan 4 klausul. Klausul 6 – Perencanaan menghasilkan 1 dokumen SOP, 3 dokumen prosedur, dan 1 dokumen formulir. Dokumen SOP Perencanaan Layanan TI, Prosedur Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Layanan TI, Prosedur Penyusunan Strategi Layanan TI, Prosedur Analisis Risiko dan Mitigasi, serta Formulir Identifikasi Risiko TI. Klausul 8 – Pengoperasian Sistem Manajemen Layanan TI menghasilkan 1 dokumen SOP, 2 dokumen prosedur, dan 3 dokumen formulir. Dokumen SOP Pengoperasian Sistem Manajemen Layanan TI, Prosedur Implementasi Rencana Layanan TI, Prosedur Penanganan Insiden dan Permintaan Layanan TI, Formulir Jadwal Implementasi Layanan TI, Formulir Laporan Insiden, serta Formulir Permintaan Layanan TI. Klausul 9 – Evaluasi Kinerja menghasilkan 1 dokumen SOP, 2 dokumen prosedur, dan 1 dokumen formulir. Dokumen SOP Evaluasi Kinerja Layanan TI, Prosedur Pengumpulan Data Evaluasi, Prosedur Analisis Kinerja Layanan TI, serta Formulir Rekapitulasi KPI Layanan TI. Klausul 10 – Peningkatan menghasilkan 1 dokumen SOP, 4 dokumen prosedur, dan 4 dokumen formulir. Dokumen SOP Peningkatan Berkelanjutan Layanan TI, Prosedur Identifikasi Area Perbaikan, Prosedur Perancangan Solusi Peningkatan, Prosedur Implementasi Perbaikan, Prosedur Evaluasi Hasil Peningkatan, Formulir Evaluasi Kinerja Layanan TI, Formulir Analisis Akar Penyebab, Formulir Rancangan Solusi Peningkatan, serta Formulir Rencana Implementasi Perbaikan. Selain itu, juga menghasilkan dokumen SLA, OLA, dan UC yang berisi perjanjian atau kontrak mengenai pengelolaan manajemen layanan TI di PPTI Universitas Dinamika.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nafilah Nursabila (20410100048)
Uncontrolled Keywords: ISO 20000, Manajemen Layanan Teknologi Informasi, PDCA Cycle, PPTI
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Nafilah Nursabila
Date Deposited: 27 Apr 2025 15:14
Last Modified: 27 Apr 2025 15:14
THESIS ADVISORS: 1. Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0722057501)
2. Ayouvi Poerna Wardhanie, S.M.B., M.M. (NIDN : 0721068904)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7727

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item