TA : Perancangan Strategi Social Media Marketing dengan Metode SOSTAC Guna Meningkatkan Penjualan Bisnis Properti Assalam Residence PT. Muntiara Cahaya Fajar

Andiyansyah, Faisal Nur (2024) TA : Perancangan Strategi Social Media Marketing dengan Metode SOSTAC Guna Meningkatkan Penjualan Bisnis Properti Assalam Residence PT. Muntiara Cahaya Fajar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img] Text
19410100065-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text
19410100065-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

PT. Muntiara Cahaya Fajar merupakan perusahaan penjualan properti berbasis syariah baik transaksi secara tunai maupun kredit. Cara promosi yang dilakukan saat ini yakni customer gathering, Whatsapp Business, dan membagikan brosur kepada pengguna jalan setempat. Namun, cara tersebut kurang maksimal dalam memperkenalkan Assalam Residence. Hal ini disebabkan melalui WhatsApp Story terbatas aksesnya yang harus saling menyimpan nomer Whatsapp, melalui pembagian brosur membuat jangkauan menjadi terbatas, serta melalui customer gathering menghabiskan dana yang cukup besar. Akibatnya, terjadi penurunan total penjualan selama 3 tahun terakhir. Selain itu, belum adanya persiapan dan pengetahuan strategi pemasaran yang tepat dalam menargetkan ke pangsa pasar. Sedangkan, bisnis properti membutuhkan waktu cukup panjang dalam mencapai target penjualan sehingga sangat bergantung pada banyaknya konsumen baru agar bisnis bisa tetap berlanjut sehingga diperlukan perancangan strategi pemasaran yang baru dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan penjualan unit di Assalam Residence. Langkah yang dapat dilakukan adalah merancang strategi digital marketing dengan menggunakan metode SOSTAC. Adapun media sosial yang diimplementasikan pada penelitian ini adalah Facebook dan Instagram. Hasil perancangan dengan menggunakan Meta Business Suite mampu memberikan program kerja yang memudahkan, sehingga dapat berpengaruh terhadap penjualan bisnis properti Assalam Residence PT. Muntiara Cahaya Fajar. Berdasarkan KPI terhadap kinerja strategi digital marketing menunjukkan telah memenuhi target, dengan reach pada Facebook sebesar 4.500 akun, dan Instagram sebesar 3.300 akun sehingga hal ini berdampak mampu meningkatkan omzet perusahaan sebesar Rp 330.000.000 yang sebelumnya Rp 150.000.000.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Faisal Nur Andiyansyah (19410100065)
Uncontrolled Keywords: Strategy Social Media Marketing, Assalam Residence PT. Muntiara Cahaya Fajar, Metode SOSTAC
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Faisal Nur Andiyansyah
Date Deposited: 27 Aug 2024 13:44
Last Modified: 27 Aug 2024 13:44
THESIS ADVISORS: 1. Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT. (NIDN : 0726017801)
2. Pradita Maulidya Effendi, M.Kom. (NIDN : 0720089401)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7799

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item