TA : Evaluasi dan Perbaikan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Dengan Menggunakan Metode Goal Directed Design pada Aplikasi OVO

Guspito, Jusuf Maulana (2024) TA : Evaluasi dan Perbaikan User Interface untuk Meningkatkan User Experience Dengan Menggunakan Metode Goal Directed Design pada Aplikasi OVO. Undergraduate thesis, Universitas DInamika.

[img] Text
16410100047-2024-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16410100047-2024-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Search this title on : |

Abstract

Di era yang sudah serba digital ini, penggunaan alat pembayaran digital semakin masif dan berkembang pesat menawarkan kepraktisan dan juga keefisienan dalam melakukan transaksi apapun secara non tunai. Saat ini sudah lumayan banyak sekali aplikasi dompet digital di Indonesia, yang umum di jumpai adalah aplikasi Gopay, OVO dan Dana sebagai aplikasi dompet digital yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengevaluasi desain salah satu aplikasi dompet digital yaitu OVO untuk meningkatkan user experience yang dapat diberikan OVO kepada penggunannya baik dari fungsi, kenyamanan dan juga kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasi OVO. Oleh karena itu solusi yang diberikan adalah merancang prototype dan memperbaiki UI/UX aplikasi OVO. Perancangan prototype UI/UX pada penelitian ini menggunakan metode Goal Directed Design. Goal Directed Design memiliki tiga tahapan yaitu (1) Tahap Awal dilakukan Research dan Modeling, (2) Tahap Pengembangan dilakukan Requirement dan Framework, (3) Tahap Akhir dilakukan Design dan Support. Pengujian penelitian menggunakan System Usability Scale, dalam pengujian ini dilakukan penyebaran kuisoner berisikan 10 pertanyaan kepada responden untuk mengetahui apakah hasil desain UI/UX yang sudah di ciptakan sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Didapatkan hasil desain prototype UI/UX dari pengujian yang dilakukan menggunakan SUS mendapatkan nilai skor sebesar 76, yang masuk pada kategori Good pada SUS Score, Grade Scale pada kategori C dan Acceptability Ranges Prototype pada kategori Acceptable.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jusuf Maulana Guspito (16410100047)
Uncontrolled Keywords: User Interface/User Experience, Goal Directed Design, System Usability Scale, Dompet Digital
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Jusuf Maulana Guspito
Date Deposited: 11 Sep 2024 14:37
Last Modified: 11 Sep 2024 14:37
THESIS ADVISORS: 1. Dr. Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0731057301)
2. Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng. (NIDN : 0712066801)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7838

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item